Sabtu 24 Oct 2020 07:55 WIB

Sistem Logistik Indonesia Belum Efesien

Sistem Logistik Indonesia Belum Efesien membuat harga barang kurang kompetitif

Suasana bongkar muat peti kemas saat matahari akan tenggelam di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (5/5/2020).  Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angkutan barang lewat laut mengalami kenaikan ditengah berbagai kebijakan yang diambil untuk mengantisipasi pandemi COVID-19
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Suasana bongkar muat peti kemas saat matahari akan tenggelam di Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (5/5/2020). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angkutan barang lewat laut mengalami kenaikan ditengah berbagai kebijakan yang diambil untuk mengantisipasi pandemi COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID,  Meskipun peringkat Logistic Performance Index (LPI) tahun 2019 relatif meningkat dibanding tahun 2018, sejumlah kalangan menilai Sistem Logistik Nasional belum efisien.

"Biaya logistik Indonesia masih tinggi," kata Dr. Rusman Ghazali, M.Si.,  akademisi dari Universitas Nasional, Jakarta, di Jakarta Selatan, Sabtu (24/10).

Menurut Rusman, biaya logistik transportasi masih di angka 28,7%. Persentase yang menurutnya sangat besar untuk keseluruhan biaya produksi.

Ia menunjuk contoh sistem logistik di sektor perikanan, dimana panjangnya rantai distribusi hasil perikanan mengakibatkan tingginya biaya logistik. 

"Bahkan biaya logistik antar pulau relatif lebih tinggi dibanding antar negara," ungkap Rusman seraya menunjuk contoh biaya angkut Kendari-Jakarta mencapai Rp1,28 per kg/km. Sementara biaya angkut Jakarta-China hanya Rp0,52/kg/km.

Sebelumnya dalam webinar bertajuk "Tata Kelola Sistem Logistik Nasional Dalam Mengurangi Beban Biaya Logistik" itu, peneliti INDEF Ahmad Heri Firdaus setuju dengan penilaian Rusman bahwa sistem logistik nasional tidak efisien. 

Ia menilai, Indonesia masih boros modal untuk investasi dibanding Malaysia, Vietnam atau Thailand. "Hati-hati dengan pasar terbuka ASEAN karena produk mereka yang lebih murah kalau menyerbu Indonesia bisa rusak pasar produk kita," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Rusman menyarankan kepada pemerintah untuk terus melakukan efisiensi perizinan, memperbanyak infrastruktur pengangkutan produk,  dan memperbanyak jadwal kapal angkut dari sentra produksi ke sentra distribusi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement