Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Sunday, 14 Rabiul Akhir 1442 / 29 November 2020

Mendag Ajak Diaspora Indonesia Gunakan Produk Buatan Lokal

Kamis 22 Oct 2020 02:30 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Foto: Republika/Iit Septyaningsih
Indonesia memiliki banyak karya dan produk membanggakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak seluruh diaspora Indonesia di luar negeri agar bangga terhadap produk buatan Indonesia. Salah satunya, dapat diwujudkan dengan membeli dan menggunakan produk Indonesia.

“Ayo beli dan gunakan produk buatan Indonesia di mana pun Anda berada. Sebab Indonesia memiliki banyak karya-karya dan produk yang membanggakan," ujar Mendag melalui keterangan resmi pada Rabu (21/10).

Diaspora, lanjutnya, memegang peranan sangat penting dalam penggunaan produk Indonesia. Hal itu karena, komunitas memiliki jaringan kuat dan memahami kondisi terkini di lapangan.

Menurutnya, Indonesia memiliki banyak karya dan produk membanggakan. Produk yang berkualitas dihasilkan tidak hanya oleh industri skala multinasional, namun juga oleh industri rumahan, petani, dan nelayan Indonesia.

Berbagai produk itu harus menjadi kebanggaan sekaligus menumbuhkan kepercayaan diri sebagai bangsa yang besar serta bangga terhadap hasil karya bangsanya sendiri. “Terus menerus mempromosikan penggunaan produk Indonesia di luar negeri diharapkan akan diikuti dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk Indonesia yang berujung pada peningkatan ekspor dan tentu saja bermuara pada perbaikan perekonomian nasional,” ujar dia.

Hal itu disampaikan Agus saat memberikan sambutan dalam acara Pengumuman Pemenang Lomba Videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan yang digelar Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei secara virtual pada Selasa (20/10). Lomba videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan dimulai pada 17 Agustus 2020 bertepatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-75.

Kegiatan ini bertujuan mengampanyekan kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia bagi diaspora Indonesia yang berada di Taiwan. Sekaligus mempromosikan penggunaan produk buatan Indonesia bagi masyarakat Taiwan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA