Selasa 18 Aug 2020 14:32 WIB

Bank Mandiri dan KAI Luncurkan Kartu Commuter Pay

Kartu dapat digunakan untuk transaksi pembayaran di seluruh moda transportasi

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
Karyawan menunjukkan kartu Co Branding Commuter Pay saat peluncuran di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Kartu prabayar hasil kolaborasi antara PT KAI dan Bank Mandiri itu akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran di semua moda transportasi dan belanja hanya dengan menggunakan satu kartu. Kartu tersebut dapat diperoleh di loket-loket stasiun kereta Commuterline mulai Oktober 2020.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Karyawan menunjukkan kartu Co Branding Commuter Pay saat peluncuran di Plaza Mandiri, Jakarta, Selasa (18/8/2020). Kartu prabayar hasil kolaborasi antara PT KAI dan Bank Mandiri itu akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran di semua moda transportasi dan belanja hanya dengan menggunakan satu kartu. Kartu tersebut dapat diperoleh di loket-loket stasiun kereta Commuterline mulai Oktober 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) menerbitkan Kartu Commuter Pay. Kartu ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di seluruh moda transportasi dan belanja.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan melalui kerjasama ini, pengguna commuterline maupun transportasi publik lainnya hanya perlu memiliki satu kartu saja untuk melakukan transaksi pembayaran. “Inisiatif ini dapat lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi publik karena hanya memerlukan satu kartu saja. Kartu Commuter Pay ini sendiri dapat dibeli masyarakat di loket-loket stasiun kereta Commuterline mulai Oktober 2020,” ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (18/8).

Baca Juga

Kartu Commuter Pay yang menggunakan platform Mandiri e-money ini juga dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pemegang kartu, seperti pembayaran tol, parkir, MRT, LRT, Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans, Pembayaran di SPBU, wahana liburan, restoran maupun belanja di toko retail seperti Indomaret, Alfamart dan lainnya.

“Agar dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi non tunai, masyarakat dapat melakukan isi ulang atau top up di Mesin ATM dan Kantor cabang Bank Mandiri, aplikasi Mandiri Online pada telepon pintar Android yang memiliki fitur NFC, IOS (Iphone), maupun mitra e-Commerce yang sudah bekerjasama dengan Bank Mandiri,” jelasnya.

Inisiatif kerjasama ini, lanjut Royke, merupakan salah satu upaya Bank Mandiri untuk terus memberikan nilai tambah kepada mitra serta upaya mendukung program Gerakan Nasional Non Tunai.

Bank Mandiri sendiri saat ini telah menerbitkan kartu berlogo Mandiri e-Money mencapai lebih dari 21,6 juta kartu. Hingga akhir Juli 2020, frekuensi finansial Mandiri e-Money mencapai 469 juta transaksi dengan nilai lebih dari Rp 7,4 triliun.

Sementara Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menambahkan kolaborasi ini merupakan salah satu implementasi budaya AKHLAK bagi setiap BUMN. Penggunaan kartu Commuter Pay juga dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai.

“Pada masa pandemi ini, KAI dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) terus melakukan pengaturan antrean di stasiun. Dengan Commuter Pay, pengguna akan lebih mudah untuk naik KRL Commuter Line dan tidak perlu mengantre dua kali, yaitu antri isi ulang atau membeli Tiket Harian Berjaminan (THB) serta antri menuju masuk gate elektronik stasiun,” ucapnya.

 

Pada Juli 2020, dibanding THB, penggunaan Uang Elektronik Perbankan dan Kartu Multi Trip (KMT) pada layanan KRL sebesar 75 persen. Persentase tersebut meningkat dibandingkan Juli 2019 sebesar 69 persen.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti menjelaskan peningkatan ini menunjukkan para pengguna sudah merasakan manfaat dari memiliki kartu seperti Commuter Pay dan KMT.

“Kolaborasi ini juga dapat menjawab kebutuhan para pengguna KRL yang ingin memiliki satu kartu untuk berbagai keperluan,” ucap Wiwik.

Sejak 3 Agustus 2020, KCI menambah jumlah stasiun yang khusus hanya melayani transaksi non tunai dengan KMT dan Kartu Uang Elektronik Bank. Total saat ini terdapat 8 stasiun khusus transaksi non tunai, dimana tiga stasiun terbaru merupakan stasiun dengan volume pengguna tinggi yaitu Bogor, Cilebut, dan Cikarang.

“Dengan jumlah stasiun khusus transaksi non tunai yang akan terus kami tambah, maka permintaan terhadap uang elektronik seperti Commuter Pay tentunya akan semakin meningkat masa depan,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement