Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Kerja Sama Kemenkominfo dan Startup Lawan Corona

Sabtu 25 Apr 2020 18:37 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda

Menkominfo Johnny G. Plate

Menkominfo Johnny G. Plate

Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Diharapkan lahir startup yang mampu menawarkan solusi penanggulangan Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan startup digital menggelar Global Online Startup Weekend Covid-19 Indonesia. Ajang cipta startup digital berlangsung pada 24 sampai 26 April 2020 untuk menemukan solusi atas masalah yang timbul karena corona.

Menkominfo Johnny G Plate, menyatakan ajang itu salah satu upaya mendorong munculnya solusi-solusi digital di tengah perubahan pola aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid-19. Ia ingin memastikan masyarakat tetap bisa beraktivitas secara produktif dengan memanfaatkan internet dan media digital.

"Jutaan masyarakat Indonesia yang mulai terbiasa dengan belajar di rumah, bekerja di rumah, dan beribadah dari rumah, sesuai arahan Bapak Presiden kita, Joko Widodo,” kata Johnny dalam siaran pers, Jumat (24/4).

Johnny menyebut program itu merupakan bagian dari Gerakan 1000 Startup Digital untuk melahirkan startup yang mampu menawarkan solusi bagi masyarakat. Hingga saat ini, program itu diklaim melahirkan beberapa startup yang mampu menawarkan solusi penanggulangan Covid-19. Dicontohkan startup JAHITIN yang beranggotakan 7 anak muda saat ini telah mampu memberdayakan 350 penjahit di 95 kota di Indonesia.

“Mereka membuat masker kain dan APD untuk donasi, berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya, Kementerian KUKM, LSM, dan beberapa startup lainnya. Mereka juga mengadakan pelatihan bagi ibu-ibu yang ingin menjadi penjahit rumahan,” paparnya.

Di Makassar, ada startup PANGANKU yang membantu petani dan peternak lokal untuk menjual hasil tani ke masyarakat. Kemudian ada TANIHUB yang membantu petani untuk tetap bertahan di kondisi sulit ini.

“Di saat bersamaan mereka membantu masyarakat tetap dapat belanja makanan segar saat PSBB mulai diberlakukan,” lanjut Johnny.

Kemenkominfo mencatat 1.101 peserta dari 19 provinsi yang telah mendaftar dalam program ini.
Setiap peserta akan membangun startup selama 54 jam dengan fokus enam sektor, yaitu kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. Pada hari Minggu, 26 April 2020 akan berlangsung Live Pitching yang dapat disaksikan secara virtual melalui platform Youtube Live.

Penilaian dilakukan oleh Co-founder dan ex-CEO Bukalapak, Achmad Zaky; Vertical Lead dari Facebook Indonesia, Aldo Rambie; Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan; serta Partner Venturra Discovery, Raditya Pramana. Ajang cipta startup digital akan memilih tiga pemenang untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi Top 20 Global Winner Startup Weekend.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA