Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Saturday, 13 Rabiul Akhir 1442 / 28 November 2020

Erick Thohir Soroti Minimnya Talent Pool di BUMN

Jumat 21 Feb 2020 19:01 WIB

Rep: M Nursyamsi/ Red: Indira Rezkisari

Menteri BUMN Erick Thohir tugaskan Agus Martowardojo membangun talent pool di BNI.

Menteri BUMN Erick Thohir tugaskan Agus Martowardojo membangun talent pool di BNI.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Erick Thohir ingin talent pool ada di semua BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan alasan di balik penunjukan Agus Martowardojo sebagai Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Erick menaruh harapan besar kepada Agus untuk membuat talent pool atau wahana yang tepat untuk menghasilkan talenta-talenta terbaik dari BUMN.

"Kenapa talent pool cuma di Mandiri. Mesti disebar, salah satunya tugas Pak Agus ya membangun talent pool di BNI. Kan dia rekam jejaknya sudah bangun (talent pool) di Mandiri," ujar Erick di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/2).

Erick ingin talent pool tak hanya ada di Mandiri. Erick cukup miris melihat hanya ada satu dari 142 BUMN yang memiliki talent pool.

"Kita coba supaya ada talent pool dari BUMN lain. Masak (dari) 142 (BUMN) cuma satu (talent pool), kalau bisa 10 atau 15 (talent pool)," ucap Erick.

Tak hanya membangun talent pool, Erick juga meminta Agus mendorong peningkatan dividen perseroan yang saat ini masih sebesar 25 persen. Sementara BRI dan Mandiri, kata Erick, sudah menyepakati pembagian dividen sebanyak 60 persen dari laba bersih perseroan.

"Tugas Pak Agus salah satunya pengelolaan BNI ditingkatkan. Apakah pengelolaan itu salah satunya dividen, iya, itu salah satu komponen. Tapi komponen lainnya bagaimana membuat talent pool," kata Erick menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA