Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Startup IDN Buka Cabang di Kota-Kota Besar di Pulau Jawa

Rabu 19 Jun 2019 19:24 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Salah satu suasana belajar di 'Kampung Inggris', Desa Palem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Salah satu suasana belajar di 'Kampung Inggris', Desa Palem, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Foto: kampoeng-kursus.blogspot.com
IDN menjembatani instansi pendidikan dan ekosistem pembayaran di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Startup, InfraDigital Nusantara (Jaringan IDN) telah membuka kantor perwakilan dan membentuk tim di kota-kota besar Pulau Jawa, seperti Bandung, Tangerang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. IDN merupakan startup yang menjembatani instansi pendidikan dan ekosistem pembayaran di Indonesia.

Lembaga pendidikan yang bergabung di dalam jaringan IDN tidak hanya memudahkan orang tua dalam melakukan transaksi pendidikan di berbagai kanal pembayaran, seperti gerai ritel, namun juga memudahkan manajemen keuangan dan pencatatan secara online.

"Dari dulu kami ada permintaan yang banyak di tiap daerah, salah satunya Kampung Inggris, Kediri. Selama ini kami melayani permintaan daerah melalui jarak jauh dan kami kirim orang untuk training platform kami, setelah mereka bergabung di jaringan IDN. Tapi sekarang kami tak hanya memenuhi permintaan secara langsung namun tim kami juga akan datang ke sekolah-sekolah di daerah. Jadi sekarang IDN lebih siap melayani seluruh Pulau Jawa," ujar CEO IDN Ian Mc Kenna di dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (19/6).

Menurut Ian, Jaringan IDN dapat mempermudah setiap sekolah di daerah dalam pengelolaan keuangan yang baik dan orang tua murid dapat bayar pendidikan dengan mudah melalui Indomaret, Alfamart, berbagai bank, dan aplikasi pembayaran di jaringan IDN.

"Menyikapi tantangan perbedaan bahasa dan budaya di daerah, kami merekrut orang-orang yang merupakan putra asli daerah sehingga bisa lebih paham terkait kondisi, bahasa, dan budaya di daerah masing-masing. Sebelumnya mereka juga telah mendapat pelatihan selama sebulan di kantor pusat IDN," jelas Ian.

Tim IDN di Bandung akan melayani daerah Jawa Barat, Tangerang melayani daerah Banten, Solo melayani daerah Jawa Tengah, Sleman melayani daerah Yogyakarta, dan Malang melayani Jawa Timur. Beberapa kantor perwakilan IDN di daerah pun telah dibuka, seperti Innovation Factory di Jl Ir H Juanda No 108, Kota Bandung; Ngalup Coworking Space di Komp Ruko Perumahan D'Wiga Regency, Kota Malang; dan Antologi Collaboractive Space di Gg. Gayamsari II No 9C, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Jaringan IDN mengawali perjalanan pada bulan Maret 2018, kini telah bekerja sama dengan lebih dari 140 lembaga pendidikan di Indonesia," kata Ian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA