Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Empat BUMN Sinergi dalam Pemasaran Produk

Senin 20 May 2019 16:24 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda

PT Pegadaian (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero) jalin kerja sama sinergi BUMN untuk penjualan produk, Senin (20/5).

PT Pegadaian (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero) jalin kerja sama sinergi BUMN untuk penjualan produk, Senin (20/5).

Foto: Dok Pegadaian
Pemasaran produk BUMN mengoptimalkan kanal distribusi dan media komunikasi BUMN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membawa empat perusahaan bekerja sama dalam penjualan produk. Empat BUMN tersebut diantaranya PT Pegadaian (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero). 

Jalinan sinergi ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman dalam penerbangan GA-404 Jakarta-Denpasar oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, Direktur Utama PTPN III (Persero) Dolly P Pulungan.

Baca Juga

Penandatanganan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama di The Gade Coffee and Gold Denpasar oleh Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian (Persero) Damar Latri Setiawan dan Direktur Operasi dan Manajemen Risiko PT Taspen (Persero) Ermanza sebagai tindak lanjut atas Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya.

Kuswiyoto mengatakan kerja sama termasuk penjualan dan pemasaran produk dengan mengoptimalkan kanal distribusi dan media komunikasi BUMN. Produk Pegadaian dapat dipasarkan di tiga perusahaan begitu pula sebaliknya.

"Sumber daya yang dimiliki Pegadaian dapat dioptimalkan oleh tiga BUMN tersebut, sehingga kami meyakini akan membawa dampak peningkatan usaha seluruh perseroan yang terlibat," kata Kuswiyoto dalam siaran pers, Senin (20/5).

Secara umum, kerja sama meliputi kanal distribusi, promosi, loyalty dan ancillary, kerja sama bidang Corporate Social Responsibility (CSR) khususnya mengenai program memilah sampah menabung emas, dan kerja sama program benefit dan sales bagi karyawan antara Pegadaian, Garuda Indonesia, PTPN III, dan TASPEN.

"Nantinya semua karyawan dari Garuda Indonesia, PTPN III, serta TASPEN akan mudah mendapatkan tabungan emas Pegadaian," kata dia. 

Produk Pegadaian akan tersedia di kantor-kantor tiga BUMN tersebut. Pegadaian juga akan membantu penjualan tiket pesawat Garuda Indonesia. Sedangkan Garuda akan membantu memasarkan produk-produk Pegadaian kepada konsumennya.

Penandatanganan ini bertujuan memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha, sesuai ketentuan yang berlaku. Dirut Garuda yang akrab disapa Ari itu mengatakan diharapkan kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Menurutnya, sinergi Garuda Indonesia dan Pegadaian dapat memperkuat posisi perusahaan di masing-masing bidangnya. Langkah tersebut tidak hanya dapat mengembangkan bisnis masing-masing perusahaan, tapi juga membawa kontribusi positif pada negara.

Kuswiyoto menambahkan 150 ribu karyawan dari PTPN III dan Taspen akan disinergikan dengan produk-produk Pegadaian. Direktur Pemasaran PTPN III, I Kadek K Laksana mengatakan kerja sama ini dapat membantu mengembangkan produk masing-masing. Khusus PTPN IIII, nantinya perusahaan akan berkesempatan menggunakan jasa layanan logistik Garuda untuk distribusi kopi, teh, dan gula produk PTPN Holding.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA