Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Tuesday, 16 Ramadhan 1440 / 21 May 2019

Pembangunan Sisi Udara Rampung, Bandara NYIA Siap Dibuka

Kamis 25 Apr 2019 00:30 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Reiny Dwinanda

Suasana pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo. Rencananya, bandara tersebut akan dioperasionalkan pada 29 April 2019.

Suasana pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo. Rencananya, bandara tersebut akan dioperasionalkan pada 29 April 2019.

Foto: Dok Sumber Angkasa Pura I (Persero)
Pembangunan Bandara NYIA dari sisi udara sudah rampung 100 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan sisi udara Bandara Internasional Yogyakarya, Kulon Progo sudah rampung. Bandara baru di Yogyakarta tersebut rencananya akan dibuka pada pekan ini.

“Alhamdulillah Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) sudah selesai kira-kira 20 persen untuk terminal penumpangnya, tetapi landasan pacu praktis sudah kita selesaikan 100 persen," kata Budi usai memantau bandara tersebut di Kulon Progo, Rabu (24/4).

 

Budi mengatakan, rencananya tidak lama lagi bandara tersebut akan beroperasi melayani penerbangan internasional dan sebagian penerbangan domestik dari dan ke Yogyakarta. Dia berharap dalam pada pekan ini Presiden Joko Widodo dapat mendarat di NYIA.

Terkait integrasi antarmoda, Budi mengungkapkan, sejumlah alternatif moda angkutan umum disediakan bagi masyarakat yang akan menuju Bandara Internasional Yogyakata. "Seperti kereta api dan Bus Damri yang akan melayani dari Terminal Giwangan," ujar Budi.

Sementara itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyampaikan dengan dibangunnya bandara tersebut maka akan mendorong pemerintah pusat untuk mengembangkan infrastruktur jalan tol yang menyambungkan Yogyakarta dengan kota-kota lain disekitarnya. Menurut Sri Sultan, hal tersebut dilakukan untuk pengembangan kawasan mendukung sektor pariwisata.

Pada sisi darat, Bandara Internasional Yogyakarta akan memiliki terminal ldengan kapasitas penumpang sebanyak 14 juta penumpang per tahun. Sementara di sisi udara, bandara tersebut memiliki landasan pacu pacu sepanjang 3.250 meter.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA