Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

JK Tekankan Pentingnya Kawasan Industri di Indonesia

Selasa 23 Apr 2019 20:01 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela kunjungannya meninjau Kawasan Berikat Nusantara di Cakung-Cilincing, Jakarta, Selasa (23/4).

Wakil Presiden Jusuf Kalla di sela kunjungannya meninjau Kawasan Berikat Nusantara di Cakung-Cilincing, Jakarta, Selasa (23/4).

Foto: Republika/Fauziah Mursid
JK mendukung pengembangan kawasan-kawasan industri seperti KBN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya keberadaaan kawasan industri di Indonesia. Menurut JK, keberadaan kawasan industri sangat diperlukan untuk mengembangkan investasi dan industri di Indonesia. Hal itu disampaikan JK di sela kunjungannya meninjau Kawasan Berikat Nusantara di Cakung, Jakarta, Selasa (23/4).

"Untuk mengembangkan investasi khususnya industri tentu membutuhkan kawasan dan kenapa kawasan itu penting karena suatu industri negara-negara seperti kita perlu sinergi dan perlu adanya kawasan yang saling melengkapi," ujar JK.

Karenanya, ia mendukung pengembangan kawasan-kawasan industri seperti halnya di Kawasan Berikat Nusantara. JK menilai keberadaan KBN yang dibangun sejak beberapa puluh tahun lalu itu telah menopang industri besar di sekitar kawasan.

"Kalau ada industri besar ada penopangnya dan sebagainya termasuk ada pelabuhannya yang tadi yang disampaikan. Itulah kenapa semua negara maju selalu mempunyai banyak kawasan kawasan seperti ini agar dapat bekerja industrinya dengan efisien," kata JK.

JK juga mengapresiasi KBN yang saat ini terus berkembang dengan mengelola kawaasan industri lebih dari 650 hektar yang berlokasi di Cakung, Marunda, dan Tanjung Priok. Menurutnya, kondisi di KBN saat ini jauh lebih maju daripada saat 10 tahun terakhir. Terlebih, PT. KBN (Persero) tengah memperkuat bisnis pengelolaan logistik dan pelabuhan.   

"Tanpa kawasan yang baik yang sinergi dan saling melengkapi maka akan memakan ongkosnya mahal bagi industri tersebut karena itulah maka upaya ini sangat penting," ujarnya.

Karenanya, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia berharap KBN terus berkembang untuk mendukung kemajuan industri di Indonesia berkembang pesat.

"Perlu dijaga sebaik baiknya kelangsungan dan juga menjaga apa yang mungkin terjadi kepada kawasan ini. Kawasan ini tentu harus dilengkapi dengan sebaik-baiknya," kata JK.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA