Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Traveloka Ingin Rujuk dengan Air Asia

Senin 22 Apr 2019 16:52 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya

Pesawat AirAsia

Pesawat AirAsia

Foto: Reuters
Air Asia mulai tanggal 4 April 2019 menarik seluruh penjualan tiket melalui Traveloka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Traveloka, salah satu platform penyedia produk perjalanan berbasis teknologi mengaku ingin agar maskapai penerbangan Air Asia kembali menjual produk tiket lewat Traveloka. Kepala Manajemen Produk Transportasi, Iko Putera, mengatakan, pihaknya membuka diskusi dengan AirAsia untuk menemukan solusi bersama.

“Kita masih diskusi untuk mencari solusi kedua belah pihak. Saya tidak bisa beritahu secara spesifik, tapi kita berupaya untuk melakukan diskusi dengan maskapai,” kata Iko kepada wartawa di Jakarta, Senin (22/4).

Iko mengatakan, pihaknya masih mencari win-win solution yang diharapkan tidak akan merugikan Traveloka platform penjualan tiket maupun Air Asia sebagai maskapai. Namun, sementara ini penyebab hengkangnya AirAsia dari sisi Traveloka belum dapat ditanggapi.

Sebagaimana diketahui bersama, maskapai Air Asia mulai tanggal 4 April 2019 menarik seluruh penjualan tiket secara permanen melalui agen traveloka. Air Asia menyatakan, sikap penarikan diri tersebut lantaran penjualan tiket Air Asia kerap hilang dari platform.

Hilangnya penjualan tiket di Traveloka pertama kali terjadi pada 14-17 Februari 2019. Namun, hilangnya penjualan di platform bertepatan dengan masa peningkatan sistem pemesanan yang akan mulai diterapkan pada 16 Februari 2019. Alhasil, hal itu dapat menjadi alasan maskapai untuk dijelaskan kepada pelanggan yang mengalami kejadian tersebut.

Namun, hilangnya penjualan tiket Air Asia kembali terjadi pada 2 Maret 2019 tanpa alasan yang jelas dari Traveloka. Padahal, pada waktu tersebut sama sekali tidak ada masa peningkatan sistem oleh Air Asia. Maskapai pun menyanyangkan Traveloka yang dinilai tidak berlaku adil kepada para mitra.

Eko mengatakan, Traveloka sejatinya ingin membuka kerja sama dengan para maskapai. Termasuk Air Asia. Ia pun enggan menanggapi terkait banyaknya spekulasi dan desas-desus yang berkembang di tengah masyarakat terkait kejadian hilangnya penjualan tiket Air Asia di Traveloka yang terjadi secara tiba-tiba.

“Kita sih dengan semua airlines (ingin) kerja sama. Tapi penyebab hilangnya tiket Air Asia di Traveloka kemarin kami belum bisa beri tahu,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA