Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Menperin Yakin Iklim Investasi Tumbuh Usai Pilpres

Rabu 17 Apr 2019 13:08 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto melakukan pemungutan suara di TPS 05, Tirtayasa, Melawai, Jakarta Selatan bersama kedua anaknya dan istrinya, Rabu (17/4).

Menteri Perindustrian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto melakukan pemungutan suara di TPS 05, Tirtayasa, Melawai, Jakarta Selatan bersama kedua anaknya dan istrinya, Rabu (17/4).

Foto: Republika/Intan Pertiwi
Menurut Menperin, pasca pemilu ini akan banyak proyek yang akan segera berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto optimis iklim investasi dan dunia usaha akan tumbuh usai pemilu. Ia mengatakan momen pemilu memang dinanti oleh mayoritas pengusaha dan investor untuk melihat prospek bisnis dalam jangka waktu lima tahun mendatang.

"Berdasarkan pengalaman pemilu yang lalu, dunia usaha dan iinvestasi itu selalu meningkat sesudah pemilu. Karena ini negara demokrasi yang paling matang. Pengusaha kan juga lihatnya gak sebentar, dari pasca reformasi sudah 5 kali pemilu. Empat kali pemilu, ekonomi selalu tumbuh setelah pilpres," ujar Airlangga di TPS 05, Melawai, Rabu (17/4).

Airlangga menjelaskan pasca pemilu ini akan banyak proyek yang akan segera berjalan. Ia juga menjelaskan kedepan beberapa proyek prioritas seperti proyek Petrokemikal, Proyek Mobil Listrik dan juga pertumbuhan industri akan lebih digenjot oleh pemerintah.

"Kan memang beberapa sektor itu tinggi ya. Diatas makanan dan miinuman. Industri logam, garmen, tektil, farmasi. Tentu ni kami harapkan bisa tumbuh. Tapi kucninya satu, industri petrokem terbangun. Itu jadi prioritas," ujar Airlangga.

Ia juga menjelaskan sebenarnya langkah persiapan juga sudah dilakukan pemerintah sebelum pilpres ini. Ia menjelaskan pemerintah sebenarnya tidak melakukan penghentian kerja, meski sedang dalam masa tenang atau sedang masa kampanye.

Hanya saja, diakui Airlangga pemerintah tidak ingin banyak gembar gembor karena masih tahap persiapan. "Tentu dengan kegiatan kemariin kan pemerntah terus bekerja. Meski pemilu atau coblosan dan minggu tenang, pemerintah jalan terus. Kta terus menarik investasi, meyakinkan dunia usaha juga untuk menciptkan employment dan optimisme," ujar Airlangga.

Apalagi, menurut Airlangga kedepan tantangan perekonomian akan semakin ketat. Ia menjelaskan saat ini Indonesia dari sisi anggaran masuk dalam kelompok upper middle class country. Kedepan Presiden terpilih harus melakukan banyak pekerjaan untuk membuat Indonesia keluar dari negara middle class country.

"Anggaran tahun ini kan masuk upper middle class country. semoga besok 2025 sudah diatas, lalu jadi bisa keluar dari middle income. Presiden terpilih sudah pasti ada roadmap ke sana," ujar Airlangga.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA