Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Desain Bandara Kediri dalam Tahap Finalisasi

Sabtu 20 Oct 2018 19:01 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Ilustrasi pembangunan bandara.

Ilustrasi pembangunan bandara.

Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Pembebasan lahan masih terus diselesaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan pembahasan persiapan pembangunan Bandara Kediri, Jawa Timur masih berlanjut. Saat ini persiapan sebelum pembangunan sudah mencapai 80 persen. Desain bandara dalam tahap finalisasi.

Luhur mengatakan dalam waktu tiga pekan ke depan akan melakukan rapat koordinasi kembali dengan beberapa pembahasan. "Saya kira tiga minggu lagi dari sekarang ketemu lagi ada 12 item yang akan kita selesaikan," kata Luhut di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (19/10). 

Dia menegaskan dalam waktu tersebut tidak ada masalah dalam persiapan pembangunan Bandara Kediri. Begitupun soal lahan yang masih perlu dibebaskan yang menurut Luhut tidak mengalami kendala berarti dan mengenai desain bandara dalam tahap finalisasi. 

Hanya saja Luhut belum bisa memperkirakan kapan pembangunan Bandara Kediri akan dimulai. "Saya nggak tahu mungkin akhir tahun ini atau awal tahun depan. Tata ruangnya masih difinalkan," jelas Luhut. 

Meskipun begitu, Luhut mengatakan pemerintah sudah mengetahui siapa yang akan menjadi operator Bandara Kediri tersebut. Luhut mengatakan operator bandara akan dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) bersama dengan pihak swasta. 

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, saat ini proses persiapan pembangunan Bandara Kediri masih mengenai pembebasan lahan. Hal itu menurutnya yang menyebabkan pembangunan bandara tersebut tidak bisa dilakukan tahyn ini karena pembebasan lahan tidak bisa diprediksi. 

Budi mengatakan masih ada 30 persen lahan yang belum dibebaskan untuk membangun Bandara Kediri yang pengerjaannya akan dilakukan PT Gudang Garam Tbk.  "Biasanya memang mengenai harga. Jadi masih negosiasi yang sudah 70 persen," ujar Budi. 

Baca juga, Bandara Kediri Dibangun Gudang Garam

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA