Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Telkom - Akavia Lifemark Wujudkan Hunian Pintar di Semarang

Ahad 20 May 2018 15:32 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Penandatanganan MoU antara PT Telekomunikasi Indonesia (Persero Tbk) dengan Akavia Lifemark di Semarang.

Penandatanganan MoU antara PT Telekomunikasi Indonesia (Persero Tbk) dengan Akavia Lifemark di Semarang.

Foto: Bowo Pribadi.
ICT kini sudah menjadi bagian kebutuhan masyarakat di era modern.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Bisnis Smart Home and Building Systems PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom merambah Jawa Tengah. Hal ini ditandai dengan MoU kerja sama antara Akavia Lifemark dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Melalui perjanjian ini, maka Akavia Lifemark akan menjadi apartemen pertama di Kota Semarang berkonsep Smart Home and Building Systems, yang sebelumnya telah dikembangkan Telkom di sejumlah kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

"Bahkan apartemen yang dibangun oleh PT Cita Kayana Semesta, anak perusahaan Kayana Semesta Group, ini juga menjadi yang pertama di Jawa Tengah," ujar Deputy Executive Vice President Marketing Telkom Regional 4, Soewiyarso, di Semarang, Sabtu (19/5).

Ia mengatakan, bisnis Telkom sekarang berbeda dengan sebelumnya, sebagai penyedia layanan komunikasi berbasis kabel. Saat ini, Telkom mengembangkan bisnis infrastruktur Information and Communication Technology (ICT) sebagai pendukung modernisasi di era digital.

Di Semarang, Telkom diajak berpartner oleh Akavia Lifemark untuk mengembangkan Smart Building dan Smart Living. Karena inilah saatnya Kota Semarang memiliki dan memasuki era hunian dengan teknologi smart guna mendukung aktivitas para penghuninya.

"Saya kira kerja sama ini sangat cocok dan sejalan dengan semangat Smart City yang kini terus diwujudkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang," katanya.

Ia juga mengatakan, ICT kini sudah menjadi bagian kebutuhan masyarakat di era modern. Tak terkecuali pemanfaatannya dalam mengembangkan Smart Building dan Smart Living di kota-kota yang tengah berkembang, seperti Kota Semarang. Telkom memiliki daya dukung infrastruktur untuk hal ini.

"ICT bisa mengompaq voice (suara) untuk memerintah mesin dan oleh Telkom ini telah dikembangkan lebih jauh. Sekarang, orang mematikan lampu atau perangkat lainnya cukup dengan suara," jelasnya.

Hal ini diamini oleh CEO Kayana Semesta Group, Guntur Raditya Wardhana. Ia mengatakan, Akavia Lifemark berkomitmen untuk memberikan kemudahan pemilik hunian tanpa mengurangi kenyamanan.

Nantinya seluruh sistem dalam unit apartemen, dari keamanan, listrik, air, hingga perlengkapan elektronik dapat dikontrol melalui aplikasi di smartphone. "Sehingga begi penghuni tidak ada lagi kekhawatiran ketika meninggalkan hunian," kata dia.

Lingkup kerjasama ini, masih lanjutnya,Telkom akan menyediakan fasilitas Smart Home and Building Systems yang meliputipembangunan infrastruktur elektronik, elektrikal, dan plumbing, termasuk jasa dan material.

Selain itu juga melakukan pembangunan fasilitas telekomunikasi melalui Triple Play IndiHome, membangun fasilitas Wifi.Id, serta mendukung upgrade teknologi yang disesuaikan dengan tren ke depan seperti e-parking, e-money, energy saving, building automation system, dan lain sebagainya.

Raditya menambahkan, kerja sama dengan Telkom ini dilatarbelakangi oleh kredibilitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah berpengalaman dalam penyelenggaraan jasa dan jaringan telekomunikasi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA