Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Elia Massa Manik Diangkat Jadi Direktur Utama Pertamina

Kamis 16 Mar 2017 13:37 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nur Aini

Elia Massa Manik

Elia Massa Manik

Foto: http://perpamsi.or.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina pada Kamis (16/3) memutuskan mengangkat Elia Massa Manik sebagai direktur utama perusahaan tersebut. Elia menggantikan Dwi Soetjipto yang berhenti bertugas pada awal Februari 2017.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan pemilihan Elia didasari rekam jejak, kinerja, kepemimpinan, pengalaman, dan kapabilitas yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan Pertamina. "Dia tahu di Elnusa. Latar belakang rekam jejak beliau membanggakan," kata Gatot dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3).

Pergantian Dirut ini, kata Gatot, diharapkan memperkokoh Pertamina. Ia menerangkan perusahaan pelat merah tersebut memiliki tugas menjalankan peran strategis di sektor energi nasional. "Ada beberapa program utama antara lain BBM satu harga, rencana proyek investasi kilang, dan pengembangan hulu bernilai puluhan miliar dolar AS dalam beberapa tahun ke depan," ujar pejabat yang bertindak selaku kuasa Menteri BUMN tersebut.

Elia mengaku berjanji membentuk komunikasi tim yang solid dalam Pertamina. Menurut Elia, hal itu kuncinya adalah keterbukaan. "Semua bertanggung jawab. Banyak agenda Pertamina untuk wujudkan kedaulatan energi," ujar mantan Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III Persero itu.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA