Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Sukabumi Dorong Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

Selasa 19 Feb 2019 23:27 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Stok beras di gudang Bulog

Stok beras di gudang Bulog

Sukabumi menjadi salah satu sentra pemasok pangan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mendorong terwujudnya Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045. Di mana saat ini Sukabumi menjadi salah satu sentra pemasok pangan di Indonesia.

"Kami bertekad Sukabumi menjadi pemasok pangan untuk daerah lain," ujar Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono kepada wartawan Selasa (19/2). Hal ini disampaikan di sela-sela rapat koordinasi (Rakor) persiapan acara apresiasi capaian ketahanan pangan Kabupaten Sukabumi yang akan digelar di Sukabumi pada Kamis (21/2).

Baca Juga

Menurut Adjo, tekad ini bisa tercapai dengan potensi yang dimiliki Sukabumi. Terlebih selama ini produksi padi atau beras Sukabumi sudah mampu memenuhi kebutuhan domestik dan sebagian lainnya di pasok ke daerah lain.

Sehingga kata Adjo, Sukabumi mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pertanian dalam bidang ketahanan pangan. Bahkan rencananya Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang langsung memberikan apresiasinya pada Kamis mendatang.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil dalam keterangannya menambahkan, acara apresiasi ketahanan pangan di Sukabumi akan dihadiri menteri pertanian. "Harapannya pertemuan nanti antara petani dan Pemkab Sukabumi bersama Menteri dapat berjalan dengan lancar," imbuh dia.

Kedatangan menteri ungkap Ali, sebagai bentuk apresiasi kepada petani Kabupaten Sukabumi atas capaian ketahanan pangan. Hal ini dapat menjdi contoh bagi daerah lainnya di Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA