Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

PT Ivo Mas Tunggal dan Relawan Tzu Chi Gelar Bedah Rumah

Jumat 15 Feb 2019 18:18 WIB

Red: Gita Amanda

Karyawan PT Ivo Mas Tunggal yang juga merupakan relawan Tzu Chi Sinar Mas bersama dengan muspika melakukan serah terima rumah kepada Ibu Asra dan keluarga, sebagai salah satu keluarga yang mendapatkan bantuan dalam program Bedah Rumah 2019.   

Karyawan PT Ivo Mas Tunggal yang juga merupakan relawan Tzu Chi Sinar Mas bersama dengan muspika melakukan serah terima rumah kepada Ibu Asra dan keluarga, sebagai salah satu keluarga yang mendapatkan bantuan dalam program Bedah Rumah 2019.  

Foto: Sinar Mas Land
Kegiatan digelar untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Sinar Mas Agribusiness and Food perusahaan agro bisnis global dengan bisnis kelapa sawit terintegrasi dari hulu hingga hilir, melalui anak usahanya PT Ivo Mas Tunggal melaksanakan kegiatan bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu di area Kelurahan Kandis Kota, Kecamatan Kandis. Acara digelar bersama dengan para relawan Tzu Chi Indonesia Perwakilan Sinar Mas. 

Baca Juga

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas, kehidupan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar operasional perusahaan yang memiliki kendala dalam memenuhi kebutuhan atas rumah layak huni.

Asra merupakan salah salah satu warga masyarakat keturunan asli Suku Sakai yang menjadi penerima manfaat dari program bedah rumah. Asra tinggal bersama suami dan dua orang anaknya. Dia merasa sangat bahagia karena rumahnya kini dalam kondisi yang lebih baik.

"Alhamdulilah, ya Allah SWT, masih ada yang peduli dengan kami, terima kasih bapak," ungkap Asra dengan haru.

Kondisi rumah Asra sebelumnya cukup memprihatikan. Jika hujan datang, atap bocor dan lantai rumah mereka akan banjir setinggi mata kaki. Namun, kini Asra dan keluarga sudah tidak perlu khawatir lagi.

Kondisi rumah yang mendapatkan bantuan program Bedah Rumah 2019 adalah rumah yang memiliki kondisi kurang layak huni. Umumnya rumah-rumah tersebut mengalami permasalahan kebocoran pada genteng, ketiadaan fasilitas kamar mandi, dinding bangunan yang memiliki risiko roboh, serta terdapat rumah yang tidak memilki lantai.

Rumah yang terpilih untuk program Rumah Bedah 2019 akan dibangunkan rumah dengan ukuran 5x7 meter persegi (tipe-30). Rumah akan mendapatkan dukungan sarana seperti bantuan tempat tidur dan lemari pakaian karena sebelumnya keluarga tersebut tidur menggunakan tikar.

Pembongkaran rumah lama telah dimulai dari rumah Asra yang berukuran 4x3 meter persegi. Untuk rumah Asra, proses bedah rumah telah selesai dilakukan. Sedangkan rumah yang lain masih pada tahap penyelesaian.

Hingga saat ini, terdapat lima rumah yang telah disurvei dan sesuai dengan kategori rumah yang layak mendapatkan bantuan program Bedah Rumah 2019. Kelima rumah yang akan direnovasi pada tahun 2019 tersebut adalah rumah warga dari Kelurahan Kandis Kota atas nama Asar, Limi, Aldi, Asniar dan Masitil.

Proses pembangunan rumah dilakukan secara mandiri yang dikerjakan dengan gotong-royong oleh karyawan Perusahaan yang merupakan relawan Tzu Chi perwakilan Sinar Mas.

"Selain melaksanakan program bedah rumah, perusahaan juga memberikan bantuan lain kepada masyarakat seperti pembangunan fasilitas umum, program kesehatan, pemberian beasiswa, pemberdayaan ekonomi pertanian terpadu yang telah digulirkan setiap tahunnya," ujar Regional Controller Perkebunan Sawit wilayah Siak, Sinar Mas Agribusiness and Food, Septianus Harianja.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA