Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

PT Holcim Indonesia Resmi Berganti Nama

Selasa 12 Feb 2019 19:47 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Pabrik Semen Holcim

Pabrik Semen Holcim

Semen Indonesia mengakuisisi mayoritas saham Holcim Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Holcim Indonesia tbk resmi berganti nama menjadi PT Solusi Bangun Indonesia Tbk. Keputusan itu telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Senin, (11/2).

Direktur Solusi Bangun Indonesia sekaligus Sekretaris Perusahaan PT semen Indonesia Agung Wiharto mengatakan, RUPSLB digelar sebagai tindak lanjut dari proses akuisisi saham mayoritas Holcim Indonesia oleh Semen Indonesia. Transaksinya telah ditutup pada 31 Januari 2019 lalu.

Selain pergantian nama, ada beberapa poin pula yang disetujui dalam RUPSLB kali ini. "Para pemegang saham menyetujui seluruh mata acara rapat," kata Agung melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa, (12/2).

Pada RUPSLB tersebut, juga disetujui pergantian nama dua anak perusahaan yakni PT Holcim Beton menjadi PT Solusi Bangun Beton serta PT Lafarge Cement Indonesia menjadi PT Solusi Bangun Andalas. "Turut disetujui perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga perusahaan," ujar Agung.

Rapat itu pun menunjuk sejumlah dewan komisaris serta jajaran direksi. Dengan begitu, kini posisi Presiden Komisaris Solusi Bangun Indonesia ditempati oleh Fadjar Judisiawan, lalu Adi Munandir sebagai komisaris, serta Noriega Malave Francisco sebagai Komisaris Independen.

Sedangkan posisi Presiden Direktur perusahaan dijabat oleh Aulia Mulki Oemar. Kemudian Agung Wiharto sebagai Direktur, dan Lilik Unggul Raharjo sebagai Direktur Independen.

Ke depannya, kata Agung, arah dasar perusahaan meliputi perluas jaringan pabrik semen di dalam negeri juga memperluas diversifikasi jenis produk yang ditawarkan. Selanjutnya, perseroan akan meningkatkan efisiensi khususnya biaya distribusi serta bahan baku, memperkuat posisi bisnis ready mix dengan berbagai variasi produk dan solusi, lalu memperkuat sinergi di berbagai bidang untuk meningkatkan efisiensi.

Sebagai informasi, sebelumnya perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mengakuisisi 80,6 persen saham PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) senilai 917 juta dolar AS. Saat ini, Solusi Bangun Indonesia menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, sekaligus produksi agregat.

Bisnis perusahaan kini meliputi pengoperasian jaringan penyedia bahan bangunan yang mencakup distributor khusus, toko bangunan, ahli bangunan binaan perusahaan, juga solusi bernilai tambah lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA