Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Jumat, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 Februari 2019

Penerbangan Langsung London-Denpasar Resmi Beroperasi

Rabu 23 Jan 2019 06:50 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)

Pesawat Garuda Indonesia (ilustrasi)

Foto: Reuters
Kunjungan wisman Inggris ke Indonesia naik signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai Garuda Indonesia resmi membuka rute baru London-Denpasar mulai Senin (22/1) untuk memenuhi keinginan pelanggan yang ingin langsung ke Bali dar London. Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan rute tersebut menjadikan Garuda maskapai pertama dan satu-satunya yang menghubungkan langsung London dengan Bali. 

Penerbangan langsung London-Denpasar merupakan penyesuaian rute yang sebelumnya Jakarta-London-Jakarta. "Penumpang dari London tujuan Jakarta dapat melanjutkan penerbangan ke Jakarta melalui Denpasar," kata Ari, Selasa (22/1). 

Ari mengungkapkan rute Jakarta-London-Denpasar tersebut merupakan upaya perusahaan untuk mengakomodasi permintaan pasar. Hal itu sekaligus untuk mengoptimalkan tingkat keterisian penumpang.

Dia menilai rute tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam memperkuat jaringan penerbangan internasional.

"Khususnya dengan menyediakan akses konektivitas langsung dari hub penerbangan terpadat di Indonesia yaitu Jakarta dan Bali ke  Bandara Internasional London Heathrow," jelas Ari. 

Selain itu, menurut Ari layanan penerbangan tersebut juga menjadi langkah positif Garuda Indonesia dalam upaya peningkatan kinerja maskapai. Khususnya, melalui strategi pengembangan jaringan penerbangan internasional khususnya pada sektor penerbangan Inggris-Indonesia yang terus menunjukan pertumbuhan pasar semakin menjanjikan. 

"Saat ini angka kunjungan wisatawan mancanegara Inggris ke Indonesia menunjukan peningkatan signifikan, khususnya melalui Bali sebagai salah satu pariwisata unggulan di Indonesia”, tutur Ari.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, jumlah wisman asal Inggris ke Indonesia khususnya melalui Bali merupakan yang tertinggi keempat setelah Cina, Australia, dan India. Sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, jumlahnya mencapai 210,062 kunjungan yang berarti tumbuh 9,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Ari mengaku optimistis dengan dioperasikannya penerbangan langsung Jakarta-London-Denpasar tersebut dapat semakin memperluas pangsa pasar jaringan penerbangan internasional. "Kami harapkan juga dapat memperkuat potensi market share penerbangan internasional Garuda Indonesia," ungkap Ari.

Pengoperasian rute penerbangan langsung tersebut juga menjadi potensi pasar tersendiri bagi Bali yang menjadi hub baru bagi market Australia-Eropa. Saat ini, Garuda Indonesia juga menghubungkan Denpasar dengan tiga destinasi utama Australia seperti Melbourne, Sidney, dan Perth.

Penerbangan langsung London-Denpasar tersebut dilayani oleh pesawat tipw Boeing 777-300 ER dual class. Penerbangan tersebut terdiri dari kelas penerbangan ekonomi dan bisnis dan dioperasikan sebanyak tiga kali sepekan setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Rute Jakarta-London-Denpasar diberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pukul 12.05 WIB dan tiba di Bandara Internasional London Heathrow pukul 20.00 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan London-Denpasar diberangkatan dari Bandara Internasional London Heathrow pukul 21.55 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai keesokan harinya pada pukul 21.15  WITA. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES