Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

Sabtu, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 Februari 2019

Trafik Telkomsel Diprediksi Melonjak 20 Persen Selama Nataru

Kamis 27 Des 2018 04:00 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Muhammad Hafil

Salah satu infrastruktur jaringan Telkomsel di Yogyakarta

Salah satu infrastruktur jaringan Telkomsel di Yogyakarta

Foto: taufik rachman
Secara khusus anak perusahaan Telkom ini membangun 776 BTS.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Operator telekomunikasi nasional, PT Telkomsel menyiagakan 88 unit compact mobile station (combat) untuk memperkuat jaringan di titik-titik terpadat perayaan Natal dan Tahun Baru seluruh Indonesia. Trafik layanan data Telkomsel diperkirakan melonjak 20 persen dibanding hari biasa.

Direktur Jaringan Telkomsel, Bob Apriawan mengatakan kenaikan tarfik layanan data akan didominasi layanan video 31 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk berinteraksi dan berkomunikasi lewat media sosial, pesan instan, streaming music, dan gim online.

"Momen Natal dan Tahun Baru selalu dibarengi masa liburan di mana masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga. Kami menambah kapasitas jaringan untuk memastikan pelanggan selalu nyaman berkomunikasi meski dalam kondisi trafik terpadat sekali pun," kata Bob secara tertulis kepada Republika.co.id, Rabu (26/12).

Selain layanan data, trafik layanan pesan singkat (SMS) diprediksi juga naik 0,5 persen akhir tahun ini. Trafik layanan data suara diprediksi menurun 1,4 persen dibanding hari biasa.

Optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik, mulai dari alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mal, dan pusat perbelanjaan. Telkomsel memprioritaskan pengamanan jaringan di 13 lokasi keramaian publik selama Natal dan Tahun Baru, yaitu Lapangan Merdeka (Medan), Engku Putri (Batam), Benteng Kuto Besak (Palembang), Ancol (Jakarta), Summarecon Mall (Serpong), Kebun Raya Bogor, Pangandaran (Ciamis), Malioboro (Yogyakarta), Wisata Pemandian Gumul (Kediri), Pantai Kuta (Bali), Lapangan Merdeka (Balikpapan), Megamas Mall (Manado), dan Lapangan Merdeka (Ambon).

Secara khusus anak perusahaan Telkom ini membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia. Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel menyiagakan 592 Mobile GraPARI (MoGi) dan 3.779 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital.

Secara keseluruhan,  Telkomsel telah menggelar lebih dari 184.000 BTS di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru.  Lebih dari 51.000 eNode B (BTS 4G) di lebih dari 500 kota kabupaten juga disiagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA