Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Agar Karier Berkembang? Ambil Keuntungan Bekerja di Korporat

Sabtu 15 Dec 2018 20:01 WIB

Red: Budi Raharjo

Pekerja karier/ilustrasi

Pekerja karier/ilustrasi

Foto: bananatechs.com
Pilih tempat kerja yang paling nyaman dan karier bisa berkembang.

REPUBLIKA.CO.ID, Menjatuhkan lamaran di perusahaan tidak boleh asal-asalan. Sebelumnya, perhatikan bagaimana budaya kerja yang ditetapkan oleh perusahaan, apakah nantinya sesuai atau tidak dengan budaya kerja yang diinginkan.

Mengingat, di era milenium ini, generasi milenial memang lebih suka bekerja di perusahaan startup ketimbang perusahaan lain karena alasan mobilitas kerja. Padahal mobilitas kerja di perusahaan lain seperti korporat misalnya, tidak kalah baiknya dengan perusahaan startup.

Jauhkan pikiran negatif mengenai perusahaan korporat karena budaya kerjanya memberikan banyak keuntungan yang bisa membawa pada kesuksesan berkarier. Keuntungan apa sajakah?

Bicara soal keuntungan, berikut hal yang menguntungkan bagi karier Anda bila bekerja di perusahaan korporat seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Terbiasa Disiplin karena Budaya Kerja yang Teratur
Di perusahaan korporat, semua tugas-tugas diatur menurut tenggat waktu yang sudah tersusun dengan rapi. Karyawan wajib memenuhi target tugas sesuai deadline yang ditentukan jika tidak ingin mendapat teguran atau peringatan dari atasan, termasuk urusan jam masuk dan pulang kantor.

Sehingga kondisi tersebut akan membuat Anda terbiasa dengan kedisiplinan. Begitu juga soal sistem kerja di perusahaan korporat yang lebih teratur karena sudah ada ketentuan dalam SOP (Standard Operational Procedure). Apabila pelaksanaan tugas tidak sesuai SOP, maka ada sanksi yang harus diterima.

2. Bisa Mahir pada Satu Bidang
Pembagian kerja di perusahaan korporat lebih jelas dan spesifik. Ada yang ditugaskan di bagian keuangan, pemasaran, persediaan dan lain sebagainya. Setiap karyawan hanya diperbolehkan mengurus pekerjaan di bidangnya, selebihnya tidak diperbolehkan.

Setiap karyawan diberi tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai kemampuannya. Jadi, Anda yang mahir di bidang keuangan bisa bekerja di bagian keuangan dan terus mengasah kemampuan pada bidang ini. Begitu juga untuk bidang yang lain.

3. Bisa Memaksimalkan Fasilitas yang Lebih Lengkap
Namanya juga korporat yang artinya perusahaan sudah mapan. Untuk menunjang kinerja para karyawannya, biasanya perusahaan memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Nah, Anda bisa memanfaatkan dengan maksimal fasilitas yang diberikan untuk meningkatkan keterampilan.

Berbagai macam fasilitas yang diberikan perusahaan korporat tentunya bermacam-macam, mulai dari pembiayaan pendidikan lanjutan, fasilitas kendaraan pribadi, hingga fasilitas kepemilikan rumah, dan masih banyak lagi. Nah, fasilitas-fasilitas tersebut diberikan dengan harapan bisa meningkatkan performa dan loyalitas karyawan pada perusahaan.

4. Ada Kesempatan Bekerja Sambil Belajar
Bekerja di tempat yang berbeda juga berlaku di perusahaan korporat, yakni bekerja di anak atau cabang perusahaan yang ada di luar kota bahkan luar negeri. Perpindahan tempat kerja biasanya dilakukan setelah 2-3 tahun kerja.

Meskipun tempat kerja berpindah, posisi dan mekanisme kerjanya masih tetap sama. Kalaupun berbeda, perusahaan akan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dasar sebelum menduduki posisi kerja yang baru.

Dengan budaya seperti ini, pengalaman kerja otomatis akan semakin bertambah. Maka dari itu Anda juga berkesempatan mendapat ilmu baru, dan itu sangat bermanfaat untuk perjalanan karier Anda.

5. Punya Jenjang Karier yang Jelas
Peribahasa “bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” dianut oleh perusahaan korporat. Sebelum menempati posisi tertinggi, Anda harus mau mengawali karier dari posisi paling rendah, seperti magang. Di sinilah performa kerja akan dinilai.

Apabila mampu berkontribusi dengan baik, pimpinan perusahaan bisa saja mengangkat Anda menjadi karyawan tetap. Bila perusahaan menyediakan program pelatihan seperti MT (Management Trainee), sebaiknya ikutilah.

Program seperti ini baik untuk percepatan jenjang karier. Kalau tidak, Anda harus mau mengikuti loncatan karier sesuai yang ditentukan oleh perusahaan.

6. Tentu Saja, Gaji yang Menjanjikan
Gaji di perusahaan startup tidak selalu lebih rendah jika dibandingkan dengan perusahaan korporat. Tetapi, jumlah gaji bisa berbeda-beda setiap saat, tergantung dari mobilitas perusahaan startup. Sedangkan perusahaan korporat memberikan jumlah gaji yang tetap ditambah bonus, asuransi dan tunjangan.

Gaji yang diterima dari perusahaan korporat makin lama semakin besar, apalagi kalau Anda memiliki jam terbang yang tinggi. Untuk itu, gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk belajar dan meniti karier.

Pilih Tempat Kerja yang Paling Nyaman dan Karier Berkembang
Walaupun budaya kerja korporat terkesan kuno, tetapi jaminan kesejahteraan kerja di perusahaan sangat tinggi. Terbukti dari gaji, fasilitas dan ruangan kerja yang begitu nyaman.

Tentu saja, pilih bekerja di perusahaan startup atau korporat, semuanya kembali lagi kepada pilihan diri sendiri. Namun yang pasti pilihlah tempat kerja yang diinginkan dan mampu memberikan kenyamanan ekstra untuk menunjang produktivitas saat bekerja. Selamat bekerja!

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA