Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Rabu, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 Desember 2018

Sumbar Expo 2019 akan Digelar di Medan

Selasa 20 Nov 2018 10:10 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Muhammad Hafil

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit.

Foto: Antara
Perantau Minang banyak yang menetap di Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menetapkan Kota Medan, Sumatra Utara sebagai lokasi penyelenggaraan Sumbar Expo 2019 mendatang. Kota Medan menjadi tempat penyelenggaraan acara tahunan yang sudah digelar enam kali tersebut, setelah tahun ini digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit mengungkapkan, sejumlah pertimbangan dipilihnya Medan sebagai tuan rumah Sumbar Expo adalah kekerabatan yang dekat antara warga Sumut dan Sumbar, termasuk banyaknya jumlah perantau Minangkabau di sana. Selain itu, Pemprov Sumbar melihat ada potensi investasi yang bisa dilirik oleh pengusaha asal Sumatra Utara untuk masuk proyek unggulan di Sumbar.

"Kami akan lakukan penjajakan di Medan. Sekaligus kami evaluasi gelaran Sumbar Expo 2018 yang baru saja rampung. Terutama, kami pilah produk yang ditawarkan nanti benar-benar diminati warga setempat, untuk memancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut," kata Nasrul belum lama ini.

Nasrul berharap penyelenggaraan Sumbar Expo setiap tahunnya mampu menarik kunjungan wisatawan dari lokasi-lokasi tempat acara. Tahun ini misalnya, Nasrul berharap Sumbar Expo yang digelar di Makassar pada 15-18 November lalu mampu menarik minat warga Sulsel untuk berkunjung ke Sumbar.

"Barangkali selama ini anggapan masyarakat Makassar, Sumbar itu jauh, namun dengan sudah adanya penerbangan langsung ke Padang tentu ini membuka pintu agar masyarakat Sulsel bisa berwisata ke Sumbar, ditambah lagi secara sejarah orang Minang mempunyai keterkaitan dengan orang Makassar," katanya. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA