Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Kalla Toyota Optimalkan Penjualan Ayla Hadapi Pesaing

Jumat 09 Nov 2018 19:01 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Indira Rezkisari

Toyota cabang Awaluddin Makassar, Jumat (9/11).

Toyota cabang Awaluddin Makassar, Jumat (9/11).

Foto: Republika/Rahayu Subekti
Kalla Toyota juga akan mengoptimalkan penjualan Rush baru.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Kalla Toyota saat ini sedang menyusun strategi menghadapi kompetitornya. Kalla Toyota menargetkan meraih pangsa pasar tahun ini mencapai 33 persen.

West Area Division Head Kalla Toyota Fery Irawan mengatakan sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi kompetitornya. Fery mengakui kompetitor terbesar yang saat ini terasa yaitu dari Mitsubishi yang saat ini sedang gencar memperkenalkan Xpander.

"Bagaimana mengantisipasi Xpander, kami mengoptimalkan unit Ayla yang ada seperti Agya," kata Fery di Kalla Toyota Cabang Awaluddin, Makssar, Jumat (9/11).

Selain dua mobil tersebut, Fery memastikan juga akan mengoptimalkan penjualan Toyota Rush yang baru. Menurut Fery, penjualan jenis mobil tersebut bisa menghambat pergerakan Toyota Xpander.

Fery mengakui pihaknya masih menghadapi kendala yaitu terkait permintaan dan ketersediannya. "Seandainya Rush bisa sesuai dengan permintaan mungkin penurunan tidak sebesar sekarang. Untuk ketersediaan barangnya kita masih empat sampai lima bulan," jelas Fery.

Untuk itu, Fery memastikan saat ini akan memaksimalkan waktu dua bulan terakhir untuk mengoptimalkan penjualan tiga jenis mobil tersebut. Dengan begitu paling tidak pangsa pasar yang ditargetkan mencapai 33 persen pada tahun ini tercapai.

Sistem digital

Untuk mengoptimalkan kinerja Toyota Hadji Kalla Makassar juga akan memanfaatkan sistem digital. Deputy Branch Toyota Hadji Kalla Bustam Rais mengatakan cabang Toyota Hadji Kalla akan menjadi pilot project untuk menggunakan aplikasi Kalla Friend.

"Kita baru mau luncurkan (Kalla Friend), ini salah satu cara menghargai pelanggan kita dengan cara zaman now," kata Bustam.

Nantinya, kata dia, setiap pelanggan di Hadji Kalla dapat mengunduh aplikasi tersebut. Selanjutnya setiap transaksi dari aplikasi akan mendapatkan poin.

Bustam menjelaskan dengan adanya aplikasi tersebut, pihaknya mengharapkan akan ada dampak positif pada penjualan mobil. "Targetnya setelah aplikasi diluncurkan pada kuartal dua 2019, mobil bisa terjual 200 unit perbulan," tutur Bustam.

Selain itu, dia memastikan akan memberikan layanan khusus bagi para pengemudi taksi daring. Bustam menuturkan, Kalla Toyota Cabang Awaluddin sudah menjalin relasi dengan para pengemudi taksi daring untuk memberikan layanan khusus tersebut.

Layanan tersebut berupa harga khusus bagi pengemudi taksi daring saat melakukan servis mobil di Kalla Toyota Cabang Awaluddin. "Biar mereka datang servis di Haji Kalla Awaluddin dan sampai sekarang sudah sangat terasa dampaknya," jelas Bustam.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA