Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Monday, 11 Rabiul Awwal 1440 / 19 November 2018

Mahasiswa Rantau, Pekerjaan Ini Bisa Tambah Uang Jajan Kamu!

Ahad 21 Oct 2018 06:16 WIB

Red: Budi Raharjo

Mahasiswa di kampus

Mahasiswa di kampus

Foto: flickr
Atur waktu sebaik mungkin antara kuliah dan kerja sampingan

REPUBLIKA.CO.ID, "Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Pepatah ini tentu saja sudah sering kita dengar.

Ya, demi meraih cita-cita, banyak dari kamu yang rela meninggalkan kampung halaman tercinta untuk melanjutkan studi setelah lulus SMA di universitas favorit, baik di dalam negeri bahkan di luar negeri sekalipun. Predikat 'anak rantau' akhirnya melekat di diri kamu.

Nah, sebagai si 'anak rantau', otomatis kamu akan membutuhkan biaya (selain biaya kuliah tentunya) untuk pelbagai hal, mulai dari biaya tempat tinggal, makan, transportasi, hingga keperluan kecil lainnya yang berhubungan dengan perkuliahan, semisal fotocopy atau print materi kuliah.

Kiriman uang dari orang tua yang biasanya datang sebulan sekali terkadang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok tadi. Padahal, sebagai mahasiswa pada umumnya, kamu juga ingin sesekali refreshing bersama teman-teman, entah dengan hang out ke mall, mengunjungi tempat-tempat wisata, atau sekadar kongko di kafe-kafe hits sekitar kampus.

Atau, jiwa 'mandiri' kamu sudah mulai muncul sehingga sebisa mungkin tidak ingin terlalu bergantung pada orangtua. Apapun alasan kamu, yang jelas kesempatan untuk bisa mendapatkan uang tambahan di tanah rantau memang ada.

Ada banyak bidang pekerjaan paruh waktu maupun freelance yang bisa kamu manfaatkan demi menambah pundi-pundi rupiah. Lalu, pekerjaan apa sajakah itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang jajanmu.

1. Jadi Driver Ojek Online di Sela-Sela Waktu Luang

Jika kebetulan kamu diberi fasilitas kendaraan pribadi untuk menunjang aktivitas selama kuliah, manfaatkan untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa mencoba untuk jadi driver ojek online! Tentu saja, keuntungannya lumayan menggiurkan untuk sekadar menambah uang jajan kamu.

Kamu tinggal mendaftarkan diri untuk memiliki akun driver ojek online di salah satu platform transportasi berbasis teknologi yang ada. Di saat waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk kerja sampingan ini.

2. Jadi Guru Les Pribadi

Profesi guru les juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin mencari uang tambahan. Tak perlu bingung, sekarang ini sudah banyak platform yang menghubungkan antara pengajar les pribadi dengan murid secara online.

Sebaiknya sesuaikan juga dengan minat kamu terhadap pelajaran yang hendak diajarkan kepada calon murid, agar kegiatan mengajarmu bisa berjalan maksimal. Jika suka Bahasa Inggris, maka tawarkan diri untuk jadi guru les pelajaran ini. Suka musik dan punya skill memadai? Kamu bisa coba melamar di tempat kursus musik.

3. Jadi Penulis Konten (Content Writer)

Suka menulis? Profesi yang satu ini bisa jadi pilihan tepat bagi kamu untuk menyalurkan hobi menulis sembari mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa seorang content writer untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Menariknya, menjadi seorang content writer bisa dilakukan dengan freelance. Nah, di sinilah kamu bisa memanfaatkan kesempatannya. Coba saja googling seputar lowongan sebagai freelance content writer dan segera ajukan dirimu.  

4. Menjadi Asisten Dosen

Nah, ini cocok banget buat kamu yang punya reputasi akademik lumayan bagus. Menjadi asisten dosen, selain bisa menghasilkan uang tambahan, kamu juga bisa menambah ilmu, menambah jam terbang mengajar (kalau kamu berniat untuk jadi dosen juga), juga memperluas relasi dengan angakatan di bawah kamu.

5. Youtuber/Vlogger

Sambil numpang eksis, jadi seorang Youtuber/Vlogger juga bisa menambah pundi-pundi rupiahmu lho. Kamu bisa mengunggah segala hal menarik seperti seputar wisata kuliner, dan hal-hal menarik lainnya.

Pastinya, jadilah seorang youtuber/vlogger yang cerdas, bermanfaat dan bertanggung jawab terhadap konten-konten yang kamu unggah. Hindari diri kamu dari predikat Youtuber penuh kontroversi.

Atur Waktu dengan Baik

Itu dia 5 pekerjaan yang bisa kamu jadikan sarana penambah uang jajan selama hidup di perantauan. Apapun yang nantinya bakal kamu kerjakan, jangan sampai mengganggu kuliah kamu ya, karena itu adalah tujuan utama kamu 'merantau'. Atur waktu sebaik mungkin antara kuliah dan kerja sampingan. Semoga sukses!

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES