Minggu, 12 Safar 1440 / 21 Oktober 2018

Minggu, 12 Safar 1440 / 21 Oktober 2018

Kerja Sama BRI dan Garuda Perkuat Rupiah

Jumat 05 Okt 2018 19:51 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bank BRI resmi menjalin kerja sama strategis dengan Garuda Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pengelolaan fasilitas dana maintenance reserve berupa Standby Letter of Credit (SBLC), nota kesepahaman Penyediaan Layanan Digital Acquiring, dan kerja sama BRI Corporate Card.

Bank BRI resmi menjalin kerja sama strategis dengan Garuda Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pengelolaan fasilitas dana maintenance reserve berupa Standby Letter of Credit (SBLC), nota kesepahaman Penyediaan Layanan Digital Acquiring, dan kerja sama BRI Corporate Card.

Foto: bri
BRI juga membuatkan corporate card untuk Garuda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Bank BRI resmi menjalin kerja sama strategis dengan Garuda Indonesia melalui penandatanganan perjanjian pengelolaan fasilitas dana maintenance reserve berupa Standby Letter of Credit (SBLC), nota kesepahaman Penyediaan Layanan Digital Acquiring, dan kerja sama BRI Corporate Card.

BRI dan Garuda berkomitmen untuk membantu perbaikan dan penguatan nilai tukar rupiah melalui peningkatan pemasukan devisa dalam kerja sama. Penandatanganan dilakukan oleh masing-masing direksi yang membidangi dengan disaksikan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Jumat (5/10).

“Kerja sama berkelanjutan antara Bank BRI dengan Garuda Indonesia ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam memberikan layanan yang optimal bagi korporasi. Selain itu sinergi ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap supply dolar di dalam negeri untuk turut membantu pemerintah dalam menguatkan nilai tukar rupiah melalui pemasukan devisa,” ujar Suprajarto.

Bank BRI memberikan fasilitas pinjaman Non Cash Loan (NCL) berupa fasilitas SBLC dengan sumber rekening nostro BRI di luar negeri sebesar 200 juta dolar AS yang dapat digunakan oleh Garuda untuk menggantikan dana perawatan pesawat atau Maintenance Reserve (MR) kepada lessor pesawat. Dengan demikian, Garuda dapat menarik dana maintenance reserve yang sudah ada di lessor untuk di bawa ke dalam negeri sehingga supply dolar dalam negeri makin bertambah.

Selain itu, SBLC ini dimaksimalkan dengan kerja sama lindung nilai (hedging) melalui fasilitas forex line sebesar 200 juta dolar AS. Diharapkan upaya ini dapat memitigasi risiko terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang yang disebabkan kondisi shortage supply dollar, di mana kebutuhan Garuda yang masih didominasi dalam mata uang dollar. Adapun instrument untuk lindung nilai (hedging) yang digunakan antara lain seperti Value Today, Tom, Spot, dan Forward. 

Bank BRI juga bekerja sama dalam hal layanan Digital Acquiring dengan Garuda yakni dapat digunakannya kartu debit / kredit BRI berjaringan visa dan mastercard untuk pembelian tiket Garuda secara online melalui seluruh channel digital ticketing Garuda seperti: Garuda Indonesia website, Garuda Indonesia mobile apps, Garuda online payments for agents, dan lainnya.

Guna mendukung optimalisasi anggaran operasional Garuda, Bank BRI bekerja sama menyediakan Corporate Card BRI untuk Direksi dan Vice President (VP) Garuda. Corporate Card BRI merupakan produk kartu kredit BRI yang diperuntukkan bagi satuan kerja kementerian, lembaga negara maupun institusi dan perusahaan yang berfungsi sebagai alat pembayaran dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan.

Kebutuhan ini diantaranya untuk pembelian tiket pesawat perjalanan dinas, belanja barang operasional & persediaan, belanja sewa, belanja pemeliharaan operasional serta non-operasional. Kartu ini mempunyai keunggulan yaitu dedicated corporate team, smart data online untuk memudahkan pengawasan transaksi secara online, gratis executive lounge di Bandara di Indonesia, penyesuaian besaran limit kartu sesuai kebutuhan, penyajian data tagihan dalam bentuk group atau individual, serta penerapan data sesuai Good Corporate Governance (GCG).

Untuk meningkatkan penetrasi di sektor kredit konsumer Bank BRI turut menyediakan business card dan kartu kredit BRI untuk para pekerja Garuda dengan promo dan penawaran menarik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA