Sabtu, 11 Safar 1440 / 20 Oktober 2018

Sabtu, 11 Safar 1440 / 20 Oktober 2018

BNI Beri Port Service Financing Pengguna Jasa Pelindo III

Sabtu 21 Jul 2018 19:08 WIB

Red: Budi Raharjo

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) mengembangkan kerja sama Port Service Financing.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) mengembangkan kerja sama Port Service Financing.

Foto: BNI
BNI menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan layanan ini

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bersama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) mengembangkan kerja sama Port Service Financing. Sinergi BUMN dalam upaya mendukung bisnis kepelabuhanan ini berupa pemberian fasilitas pembiayaan atas invoice pengguna jasa kepelabuhanan.

          

BNI sebagai bank BUMN memperkuat bisnisnya untuk melayani para pengguna jasa pelabuhan di Indonesia secara lebih lengkap. BNI menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan layanan Port Service Financing kepada para pengguna jasa kepelabuhan yang terintegrasi dengan sistem pembayaran jasa kepelabuhanan di Pelindo III.

    

Kerja sama Port Service Financing ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara BNI dengan Pelindo III serta Penandatanganan Piagam Kerjasama Port Service Financing dengan beberapa Perusahaan Pelayaran antara lain SPIL, Tanto, dan Meratus di Yogyakarta, Jumat (20/7). Hadir pada kesempatan tersebut SEVP Bisnis Menengah BNI Ronny Venir, Direktur Keuangan Pelindo III U Saefudin Noer, segenap Direksi Pelindo III, dan Direksi Perusahaan Pelayaran.

         

Ronny Venir mengatakan, Port Service Financing tergolong baru di sektor layanan perbankan Indonesia. Port Service Financing tersebut merupakan sekumpulan layanan lengkap yang diberikan kepada pengguna jasa kepelabuhanan, mulai dari penyaluran kredit hingga kemudahan dalam pembayaran atas penggunaan jasa-jasa kepelabuhanan di Indonesia. Port Service Financing ini merupakan skim pembiayaan kepada pengguna jasa kepelabuhanan di Pelindo III yang diintegrasikan dengan sistem penerimaan jasa kepelabuhanan.

    

"Port Service Financing yang kami siapkan ini memberikan banyak manfaat, antara lain bagi Pelindo III, akan ada ketepatan atau kepastian pembayaran oleh pengguna jasa pelabuhan. Di sisi lain bagi para pengguna jasa kepelabuhan, layanan kami ini dapat  memperlancar cash flow usaha," ujarnya. Port Service Financing akan diimplementasikan di seluruh cabang Pelindo III.

    

Sebelumnya, BNI telah membangun kerja sama dengan Pelindo III dalam bidang cash management bagi Pengguna Jasa Kepelabuhanan. Cash Management Services BNI didesain secara customized sesuai dengan kebutuhan Pelindo III dalam pengelolaan keuangan dan pembayaran secara terintegrasi.

Ini sebagai solusi bisnis yang terpadu untuk mendukung Integrated Billing System Pelindo III yang meliputi layanan Host to Host Autocollection dan Billing Payment yang dilengkapi dengan luasnya channel pembayaran yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna jasa, antara lain: Teller BNI, ATM/mini ATM BNI, dan Internet Banking BNI. Dengan implementasi sistem Host to Host tersebut diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam hal pelaporan, monitoring transaksi dan rekonsiliasi di Pelindo III, serta memberi kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa pelabuhan.

    

Dengan luasnya layanan yang dikembangkan BNI, market share BNI dalam penerimaan jasa kepelabuhanan mencapai 40 persen.

Kedepan BNI akan terus mengembangkan sistem serta layanan pelabuhan yang terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi terdepan guna terus meningkatkan layanan pelabuhan yg lebih cepat, efisien, mudah sehingga akan mendorong peningkatan bisnis pelabuhan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui layanan pelabuhan yang efisien dan modern.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA