Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

PNS Kemenhub Jadi Korban Tewas Kebakaran

Ahad 08 Jul 2018 12:36 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Teguh Firmansyah

Sejumlah petugas damkar berada didalam gedung saat melakukan proses penyisiran pasca kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Ahad (8/7).

Sejumlah petugas damkar berada didalam gedung saat melakukan proses penyisiran pasca kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Ahad (8/7).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Korban diduga meninggal akibat kekurangan oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Polres Metro Jakarta Pusat sudah melakukan pendataan kepada tiga korban tewas dalam kebakaran di gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Ketiga jenazah masih berada di RS Ciptomangunkusumo.

Adapun ketiga korban tewas adalah:

1. MRE (29 tahun), PNS Kemenhub, alamat tempat tinggal di Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Jenazah ditemukan di lantai 5, Gedung Karya Kemenhub.
2. K (identitas lengkap belum diketahui). Jenazah ditemukan di lantai 12.
3. S (identitas lengkap belum diketahui). Jenazah ditemukan di lantai 18.

"Ini data sementara korban jiwa meninggal dunia tiga orang, diduga kekurangan oksigen (ketiganya)," ujar Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Suyatno kepada Republika.co.id, Ahad (8/7).

Selain itu, kepolisian juga telah meminta keterangan tiga saksi mata, mereka adalah A (34), Asep (38), dan MM (57). Saksi menjelaskan, pada Ahad (8/7) sekitar pukul 03.30 WIB, melaporkan kebakaran ke Polsek Metro Gambir bahwa adanya kebakaran di Gedung Kemenhub.

photo
Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbakar Ahad (8/7), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Petugas masih melakukan proses penyisiran di dalam gedung untuk memastikan ada atau tidaknya korban yang masih terperangkap.



Kemudian piket fungsi segera ke TKP (tempat kejadian perkara). Menurut keterangan saksi, saksi mengetahui adanya kepulan asap di lantai 6 yang kemudian langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak keamanan.

Baca juga, Kronologi Kebakaran di Gedung Kemenhub.

Namun, sekitar pukul 06.30 WIB baru dilakukan evakuasi terhadap para korban yang berada di TKP. "Hingga saat ini masih dilakukan pendinginan, penyedotan asap dan pencarian korban lainnya oleh anggota DPK," jelas Suyatno.

Sementara itu, Korban kebakaran Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bertambah menjadi empat orang. ,Enam korban lainnya juga berhasil dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran. "Korban tewas ada empat orang," kata Petugas Bagian Komunikasi Sudin Damkar Jakarta Pusat Adi Nugroho saat dikonfirmasi, Ahad (8/7).

Ia mengungkapkan, korban tewas dan enam korban yang berhasil ditemukan tersebut saat proses penyisiran dilakukan. Sehingga, total korban selamat mencapai 20 orang. Semua korban tewas dibawa ke rumah sakit terdekat yaitu Rumas Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, petugas pemadam kebakaran terus melakukan penyisiran. Mobil pemadam kebakaran masih terlihat di halaman gedung. Asap tebal pun sudah tidak terlihat di area gedung. Namun, masih tercium bau asap akibat kabakaran.

Area gedung juga disterilkan. Yang boleh memasuki area gedung hanya petugas kepolisian yang bertangung jawab dan petugas pemadam kebakaran yang terus melakukan proses evakuasi.  Wartawan pun, tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam gedung. Para jurnalis hanya diperbolehkan mengambil gambar dari luar pagar gedung.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA