Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

KAI Luncurkan Kereta Wijaya Kusuma Cilacap-Solo

Kamis 21 Sep 2017 13:26 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nidia Zuraya

PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

PT Kereta Api Indonesia (Ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menyambut HUT ke-72, PT KAI akan meluncurkan satu buah Kereta Api kelas Ekonomi untuk relasi CilacapYogyakarta-Solo. ''Duluncurkannya KA baru ini, untuk memenuhi permintaan masyarakat di wilayah Cilacap yang menginginkan agar PT KAI membuka rute Cilacap-Yogya-Solo,'' jelas Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Irfan Hendriwintoko, Kamis (21/9).

Menurutnya, KA tersebut akan dioperasikan mulai Selasa (26/9) mendatang. Yang luar biasa, KA ini akan akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap sebanyak dua kali sehari, namun dengan rute berbeda.

Pada perjalanan pertama, KA akan diberangkatkan dari Stasiun Cilacap pada pukul 05.00. Namun dalam permberangkatan pertama ini, KA hanya akan menempuh perjalanan hingga Yogyakarta. Setelah tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 08.20, KA akan kembali ke Cilacap pukul 0930 dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 13.30.

Setelah itu, KA kembali diberangkatkan lagi pukul 14.10. Namun dalam perjalanan kedua ini, KA tidak hanya sampai Yogyakarta, melainkan sampai Solo. Di Stasiun Solo, KA kemudian kembali ke Cilacap pada pukul 19.45 dan diperkirakan tiba pukul 01.00.

''Selama perjalanan, KA akan berhenti antara lain di stasiun Maos, Kroya, Sumpiuh, Tambak, Karanganyar, Sruweng, Soka, Kebumen, Prembun, Butuh, Kutoarjo, Yogyakarta, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, dan terakhir Solo Balapan,'' jelas Irfan.

Dia menyebutkan, KA tersebut menggunakan nama Wijaya Kusuma, yang diambilkan dari nama bunga yang tumbuh di Nusakambangan. ''Dengan penggunaan nama tersebut, diharapkan nama KA tersebut menjadi lebih mudah diingat dan menjadi andalan transportasi warga Cilacap yang akan berpergian ke Solo atau Yogyakarta,'' jelasnya.

Mengenai harga tiket, Irfan menyebutkan, pada periode 26 September 2017 hingga 26 Desember 2017 akan diterapkan tarif promo. Tarif untuk rute Cilacap-Yogyakarta/Lempuyangan hanya dibandrol Rp 50 ribu. Sedangkan untuk rute Cilacap-Solo ditetapkan tarif Rp 70 ribu.

''Selain itu, juga diberlakukan tarif spesial untuk jarak dekat. Misalnya, untuk yang berangkat dari Stasiun Kutoarjo menuju Yogyakarta atau Lempuyangan atau sebaliknya, hanya dikenakan tarif Rp 25 ribu. Demikian juga untuk rute Kroya-Cilacap hanya Rp 20 ribu, sedangkan rute Yogyakarta-Solo Rp 40 ribu,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, sebagaimana KA lainnya, pemesanan tiket KA ini juga dapat dilayani melalui gerai eksternal atau menggunakan sistem online. ''Karena merupakan KA jarak dekat, maka pemesanan tiket bisa dilakukan sepekan sebelumnyua,'' kata Irfan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA