Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Thursday, 7 Rabiul Awwal 1440 / 15 November 2018

Presiden: Terminal Gapura Surya Nusantara Contoh Bagi Pelabuhan Lain

Ahad 11 Jan 2015 10:16 WIB

Red: Taufik Rachman

Joko Widodo

Joko Widodo

Foto: ROL/Fian Firatmaja

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Presiden RI, Joko Widodo siap menjadikan Terminal Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, sebagai percontohan terminal penumpang secara nasional karena didesain dengan konsep modern dan sesuai kebutuhan pasar saat ini.

"Apa yang dikembangkan oleh PT Pelindo III (Persero) ini sudah bagus dan laik dijadikan konsep terminal penumpang lain di Tanah Air," katanya, ditemui di Terminal GSN di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Sabtu.

Berbagai fasilitas yang dinilai baik tersebut, ungkap dia, ketersediaan garbarata yang juga dioptimalkan seperti di bandara. Kemudian, loket untuk layanan tiket penumpang juga sudah baik dan bisa terlihat jelas dari kejauhan. "Kami pikir semua yang sudah ditata dan direalisasikan di sini termasuk standar terminal penumpang terbaik di Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, jelas dia, dalam waktu dekat pemerintah akan menerapkan hal serupa di Makassar. Berikutnya di Pelabuhan Merak-Bakauheni dan Belawan. "Secara umum, kami mengapresiasi upaya ini dan diharapkan terus dilakukan dalam upaya mendorong perkembangan sektor kemaritiman nasional," katanya.

Pada saat yang sama, Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, mengemukakan, kunjungan kerja Presiden RI dilaksanakan di sela menghadiri pernikahan kerabatnya di Surabaya.

Presiden bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan direksi sejumlah BUMN menyempatkan blusukan ke sejumlah Badan Usaha Milik Negara di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

"Agenda itu dimulai dari PT PAL Indonesia (Persero), lalu ke PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) untuk meninjau industri galangan kapal. Presiden bersama Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo secara spontan mengunjungi Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN)," katanya.

Sebelumnya, kata dia, pada pagi hari Menteri BUMN Rini Soemarno beserta sejumlah direksi BUMN melakukan kunjungan kerja di Surabaya. Setelah mendarat dengan penerbangan komersial ekonomi Citilink di Terminal 1 Bandara Juanda, rombongan meluncur ke Gudang Bulog Buduran, Sidoarjo.

"Kemudian rombongan menuju terminal petikemas milik Pelindo III yang berkonsep hijau pertama di Indonesia yakni Terminal Teluk Lamong (TTL) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya," katanya.

Selama meninjau Terminal Teluk Lamong, Menteri BUMN Rini Soemarno, menyatakan, Terminal Teluk Lamong adalah pelabuhan yang telah dibangun oleh Pelindo III dengan perencanaan yang sangat baik. Bahkan menggunakan teknologi modern sehingga mampu mendukung efisiensi pengangkutan logistik di Tanah Air

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES