Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Wapres: AKHLAK BUMN Modal untuk Menangi Kompetisi

Kamis 07 Jul 2022 12:31 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan, nilai-nilai inti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) yang dimiliki BUMN adalah modal untuk memenangi kompetisi.

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan, nilai-nilai inti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) yang dimiliki BUMN adalah modal untuk memenangi kompetisi.

Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Akhlak BUMN sebagai core value bisa menjadi pijakan untuk naik kelas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres Ma'ruf Amin mengatakan, nilai-nilai inti Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) yang dimiliki BUMN adalah modal untuk memenangi kompetisi.

"Akhlak BUMN sebagai core value (nilai inti) seyogyanya menjadi pijakan untuk naik kelas serta modal untuk menang dalam berkompetisi," kata Wapres dalam sambutannya secara daring yang ditayangkan pada acara Refleksi 2 Tahun Akhlak BUMN-Alhlak Award 2022, Selasa (5/7) malam.

Wapres berharap kesadaran bersama atas pentingnya Akhlak bagi seluruh sumber daya manusia BUMN semakin terbangun. Melalui penerapan nilai dasar Akhlak secara nyata dan konsisten, BUMN diharapkan betul-betul bekerja unggul dan kompetitif demi Indonesia bersih, bebas korupsi, dan maju menuju pencapaian visi Indonesia 2045.

"Di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai, yang mana kontribusi BUMN kepada negara diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya," jelasnya.

"BUMN harus meninggalkan pola pikir bahwa BUMN akan selalu diselamatkan apabila berkinerja buruk atau berkasus," kata Wapres.

Menurutnya, jika pemikiran semacam ini terus melekat maka BUMN bisa saja mengalami keruntuhan yang pada akhirnya akan berdampak buruk pada layanan masyarakat dan perekonomian negara.

Wapres turut meminta BUMN senantiasa menyiapkan mental adaptif dan menciptakan resiliensi sehingga BUMN mampu bertahan di tengah beragam ancaman disrupsi dan perubahan dunia dan tidak terjebak di zona nyaman.

"BUMN selayaknya terus meng-upgrade diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia," jelasnya.

AKHLAK adalah nilai-nilai yang digagas Menteri BUMN Erick Thohir yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri BUMN Nomor : SE-7/MBU/07/2020 tanggal 1 Juli 2020. Sejak memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir selalu menggaungkan tentang Akhlak. 

Erick menetapkan Akhlak menjadi standar nilai perilaku dan menjadi pedoman berbudaya kerja dalam mewujudkan spirit BUMN untuk Indonesia. Tak hanya di tubuh Kementerian BUMN, tata nilai tersebut diimplementasikan ke seluruh perusahaan BUMN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA