Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Erick Thohir: Kerja Sama dengan UEA Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Ahad 03 Jul 2022 09:03 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Indira Rezkisari

Menteri Perdagangan  Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan Menteri Perdagangan UEA di sela penandatanganan kerjasama (Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE–CEPA) di Abu Dhabi, UEA, Jumat (1/7/2022). Penandatanganan IUAE–CEPA dilakukan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Abdulla bin Touq Al Marri.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir berbincang-bincang dengan Menteri Perdagangan UEA di sela penandatanganan kerjasama (Indonesia–United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE–CEPA) di Abu Dhabi, UEA, Jumat (1/7/2022). Penandatanganan IUAE–CEPA dilakukan oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab (UEA) Abdulla bin Touq Al Marri.

Foto: Dok Kemendag
Kesepakatan RI-UEA jadi era baru peningkatan perdagangan dan investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, kerja sama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) akan meningkatkan ekonomi kedua negara. Khusus bagi Indonesia, kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hal itu diungkapkan Erick Thohir dalam unggahan di akun Instagram resminya @erickthohir pada Sabtu (2/7/2022). Dia memajang foto ketika Presiden Jokowi bertemu dengan pemimpin tertinggi UEA, Presiden Mohamed bin Zayed.

Baca Juga

"Kemarin Pak Presiden @jokowi dan Presiden UEA @mohamedbinzayed, melakukan pertukaran dokumen IUAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Parthership Aggreement)," tulis Erick Thohir dalam unggahannya itu.

Lebih jauh Erick Thohir menyebut, kesepakatan ini sebagai era baru peningkatan perdagangan, investasi, dan ekonomi Indonesia. "Era baru peningkatan perdagangan, investasi, dan ekonomi Indonesia. Kerja sama ini meningkatkan ekonomi kedua negara. Insya Allah bermanfaat untuk kita semua," kata Erick Thohir lagi.

Dalam unggahannya, Erick Thohir menampilkan tiga foto. Foto pertama memperlihatkan Presiden Jokowi berdiri berdampingan dengan Presiden UEA Mohamed bin Zayed disertai delegasi masing-masing. Pada foto kedua, kedua pemimpin duduk berdampingan sedangkan delegasi masing-masing negara duduk berhadapan. Sementara foto ketiga memperlihatkan delegasi Indonesia, termasuk Menteri BUMN Erick Thohir yang serius menyimak dan mengikuti acara.

Sebelum sampai pada momen ini, Erick Thohir dalam unggahan sebelumnya memperlihatkan kunjungannya ke sejumlah lembaga dan institusi bisnis di UEA. Ia bertemu dengan petinggi maskapai penerbangan Etihad Airways untuk menjajaki kerja sama dengan PT Garuda Indonesia.

Erick Thohir juga bertemu dan berdiskusi dengan badan investasi milik pemerintah UEA bernama Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) dan ADQ.

"Saya bersama Dirut INA berdiskusi mengenai kemitraan strategis yang telah berjalan selama ini, serta potensi Indonesia sebagai macan baru Asia," tulis Erick Thohir dalam unggahannya dua hari lalu di akun instagram @erickthohir.

Masih di UEA, Erick Thohir juga diundang Government Relations mengunjungi Cruise Terminal di Port Rashid Dubai. "Kami mempelajari pengelolaan dermaga pelabuhan yang dilakukan @dpworld secara profesional dan berstandar tinggi. Ini untuk mendukung logistik dan pariwisata, di mana dermaga bisa menerima kargo kontainer dan kapal pesiar terbesar di dunia," tulis Erick Thohir dalam unggahan lainnya pada hari yang sama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA