Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

7 Ide Kado Finansial Ini Bisa Bikin Dia Makin Bucin Sama Kamu

Sabtu 19 Feb 2022 07:58 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Kado finansial

Kado finansial

Memberikan hadiah ke pasangan jangan yang biasa biar selalu diingat. Coba ide kado finansial berikut ini, dijamin bikin dia makin bucin sama kamu.

Pasangan mana yang tidak senang kalau diberi hadiah atau kado berharga dari orang spesial? Apalagi kado antimainstream, yang unik, menarik, dan punya nilai jual tinggi.

Walaupun Hari Valentine sudah lewat, pada dasarnya hari kasih sayang bisa kapan saja. Setiap hari pun boleh.

Bagi kamu yang ingin membuat senang pasangan, ini 7 kado finansial yang dijamin bisa bikin pasangan makin sayang ke kamu.

Baca Juga: 10 Mas Kawin Unik ini Sempat Viral di Indonesia

 

1. Emas batangan

Emas

Emas Batangan

Segala sesuatu yang berbau emas tentu membuat pasangan sangat senang. Sebaiknya, kado emas yang diberikan dalam bentuk emas batangan atau logam mulia, bukan perhiasan.

Tujuannya kalau suatu saat dijual, harganya tidak akan turun drastis. Seperti emas perhiasan karena saat kamu membeli emas perhiasan, dikenakan biaya pembuatan cukup mahal.

Namun begitu dijual, harga yang kamu dapat tidak akan menghitung ongkos tersebut. Jadi, kamu bisa mengalami kerugian.

Sementara emas batangan, walaupun tidak bisa dikenakan untuk menunjang penampilan, tetapi memiliki harga yang cenderung lebih tinggi. Sangat cocok untuk investasi jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Kado emas batangan bisa diberikan di hari-hari tertentu, seperti ulang tahun pasangan atau ulang tahun pernikahan, atau hari spesial lainnya. Jika kado ini rutin diberikan, jumlah emas batangan semakin bertambah dari waktu ke waktu.

2. Deposito

Deposito menjadi salah satu produk perbankan yang dapat dijadikan investasi. Selain menguntungkan karena bunga deposito lebih besar dibanding suku bunga tabungan konvensional, investasi deposito sangat aman.

Ada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjamin deposito kamu jika uangmu tidak lebih dari Rp 2 miliar. Modal untuk membuka deposito bank saat ini juga semakin terjangkau, bisa dimulai dari Rp 1 juta.

Deposito sangat cocok menjadi hadiah untuk pasangan tercinta. Jarang ada yang memberikan hadiah seperti ini.

Apalagi kalau deposito yang dijadikan kado finansial sudah atas nama pasangan sendiri. Ajak pasangan untuk membuka deposito bersama, tentunya dengan uang kamu, dan lihat kebahagiaan yang akan terlukis di wajahnya.

Baca Juga: 7 Kado Pernikahan Unik yang Murah Meriah

3. Rumah atau tanah

Rumah

Rumah atau tanah

Dari segi harga, kado yang satu ini terbilang cukup mahal. Namun sudah pasti memberikan manfaat ganda. Bisa untuk tempat tinggal sekaligus investasi.

Seperti diketahui, harga rumah dan tanah selalu naik setiap tahun. Hal ini tidak terlepas dari masih banyaknya permintaan terhadap dua properti tersebut.

Rumah tidak harus mewah dan megah, tapi memberikan kenyamanan untuk dihuni dan berada di kawasan strategis. Jadi, dapat dijadikan investasi menjanjikan.  

Jika kamu ingin memberikan rumah yang sesuai keinginan pasangan, bisa membeli sebidang tanah terlebih dahulu. Selanjutnya, diskusikan desain dan konsep rumah yang menjadi impian pasangan. Baru kemudian, membangun rumah tersebut.

Atau bisa beli rumah langsung, baik secara cash maupun Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jika dibeli dengan kredit, katakan kepada pasangan bahwa kamu yang akan berusaha membayar cicilannya setiap bulan.

4. Produk asuransi

Memberikan perlindungan berupa asuransi kepada diri sendiri dan keluarga tercinta sangat penting. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Semakin banyak hal yang tidak dapat diduga, seperti risiko kesehatan.

Kamu dapat menghadiahi pasangan dengan produk asuransi, seperti asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa. Asuransi unit link juga bisa yang dapat memberikan manfaat ganda, yakni proteksi dan investasi.

Pahami jenis asuransinya, manfaat, syarat dan ketentuannya dengan detail, sebelum memutuskan membeli asuransi, termasuk membaca polis asuransi agar tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga: 18 Pilihan Kado Natal untuk Orang Terdekatmu

5. Membelikan tas branded

Tas Mahal

Tas mahal

Jika kamu ingin membelikan pasangan barang branded, tas bisa menjadi pilihan. Di samping fungsinya untuk membawa barang, tas juga dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Namun, tidak semua tas dapat dijadikan investasi. Hanya tas dari brand tertentu saja, seperti Hermes, Louis Vuitton, Loewe, Chanel, dan Dior yang nilai jualnya tinggi.

Selain brand, kamu juga perlu memperhatikan model tasnya. Pilih yang klasik karena model ini tidak mudah lekang dimakan waktu, dan paling penting juga adalah ada sertifikat keaslian tasnya.

6. Saham blue chip

Daripada pusing memikirkan kado apa yang tepat untuk diberikan ke pasangan, lebih baik hadiahi salah satu saham blue chip. Saham blue chip terkenal dengan fundamental yang bagus, kinerja keuangan baik, dan return menjanjikan bila disimpan dalam jangka panjang.

Pilih saham blue chip yang kamu kenali dan sesuai dengan kondisi keuangan kamu. Semoga dengan hadiah ini, pasangan tertarik terjun ke dunia investasi saham dan menambah portofolionya.

7. Membayar tagihan kartu kreditnya

kartu kredit

Membayar tagihan kartu kreditnya

Kartu kredit saat ini masih menjadi alat pembayaran populer, selain dompet digital. Ini karena berkat kemudahan dan penawaran menarik yang diberikan bank untuk memanjakan penggunanya.

Jika pasangan memiliki tagihan kartu kredit, tidak ada salahnya membayar tagihan kartu kreditnya. Pasangan pasti sangat senang bukan kepalang.

Bantuan kamu akan meringankan beban finansialnya. Jadi, gaji yang diperolehnya dapat digunakannya untuk keperluan lain. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, tapi juga kamu dan anak-anak.

Pastikan Hadiahnya Tidak Memberatkan Keuangan Kamu

Itu ide kado finansial yang bikin pasangan senang. Kamu bisa memilih salah satu dari tujuh referensi kado di atas yang sesuai dengan kondisi finansial.

Jangan terlalu memaksakan diri karena apapun hadiah yang kamu berikan dan berapapun nilainya, pasangan akan mengapresiasi karena yang terpenting adalah ketulusan hati untuk memberikannya.

Baca Juga: Inspirasi Kado Unik dan Kreatif yang Bikin Hari Ibu Semakin Spesial

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA