Kamis 13 Jan 2022 20:02 WIB

Eastpring Indonesia Luncurkan Reksa Dana Berbasis Indeks ESG

Produk reksa dana ini menempatkan 80 - 100 persen investasinya pada instrumen saham.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Alan J Tangkas Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Investments Indonesia.
Foto: Dok Eastspring Indonesia
Alan J Tangkas Darmawan, Presiden Direktur Eastspring Investments Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eastspring Investments Indonesia bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia meluncurkan reksa dana baru yakni Reksa Dana Indeks Eastspring IDX ESG Leaders Plus dengan denominasi Rupiah. Produk ini sudah mulai dipasarkan pada Januari 2022.

Reksa dana ini merupakan produk investasi berbasis kinerja indeks IDX ESG LEADERS pertama yang mengkombinasikan strategi sustainability dan offshore sharia. Produk ini memberikan solusi bagi nasabah yang ingin menjadi bagian dalam penerapan investasi berkelanjutan di Indonesia.

Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus merupakan reksa dana Indeks yang menempatkan 80 - 100 persen investasinya pada instrumen saham dan maksimal 20 persen ditempatkan di instrumen pasar uang atau deposito. Reksa Dana ini juga mememiliki fleksibilitas untuk melakukan investasi di luar negeri (offshore sharia) sampai dengan maksimal 15 persen di sektor yang mendukung keberlanjutan atau memiliki terapan ESG yang tinggi.

"Sesuai dengan kelas asetnya, Reksa Dana ini cocok untuk investor yang memiliki profil risiko agresif dengan horizon investasi jangka panjang," kata Presiden Direktur PT Eastspring Investments Indonesia, Alan J Tangkas Darmawan, dikutip Kamis (13/1/2022).

Dengan pemilihan saham-saham yang berkinerja keuangan baik pada seluruh perusahaan yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki unsur ESG, Alan optimistis produk ini akan diminati oleh investor.

Director of Consumer Banking Group, PT Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung, menjelaskan produk ini melengkapi rangkaian produk finansial komprehensif yang tangguh dan menangkap tren pasar terkini, secara khusus untuk Investasi berkelanjutan. Ini adalah bagian dari komitmen Bank DBS Indonesia sebagai mitra manajemen kekayaan terpercaya.

"Untuk kemudahan berinvestasi, Reksa Dana Eastspring IDX ESG Leaders Plus ini tersedia melalui aplikasi digibank by DBS, dimana nasabah dapat melakukan registrasi Single Investor Identity (SID) dan akses transaksi 24/7," kata Rudy.

Hingga saat ini, Bank DBS Indonesia telah memasarkan empat jenis produk reksa dana kelolaan Eastspring Indonesia yaitu Eastspring Investments Yield Discovery, Eastspring Investments Alpha Navigator, Eastspring Investments Value Discovery dan Eastspring Investments IDR High Grade.

Rudy berharap produk investasi ini dapat diterima dengan baik sehingga menambah kesempatan bagi investor untuk mendiversifikasikan portofolionya. Bank DBS Indonesia berkomitmen terus melakukan pengembangan investasi berkelanjutan dan peningkatan praktik ESG di Pasar Modal Indonesia dan melakukan inovasi-inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah dalam mencapai tujuan-tujuan finansialnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement