Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Tuesday, 20 Zulqaidah 1440 / 23 July 2019

Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Menjanjikan

Kamis 27 Jun 2019 09:30 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya

Reksa dana

Reksa dana

Foto: beginnersinvest.com
Investor disarankan memilih produk reksa dana jangka menengah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Eastspring Investments Indonesia melihat reksa dana pendapatan tetap cukup menjanjikan untuk dimiliki di semester II tahun ini. Hal tersebut mempertimbangkan adanya kemungkinan penurunan suku bunga.

Baca Juga

"Prospek penurunan suku bunga dari Bank Indonesia akan berimbas positif untuk obligasi yang menjadi kelas asetnya," ujar Kepala Unit Syariah Eastspring Investments Indonesia, Rian Wisnu Murti, Rabu (26/6).

Terkait alokasi aset, Rian menjelaskan, Eastspring Investments lebih banyak berasal dari obligasi pemerintah dibandingkan korporasi. Pasalnya, suplai obligasi korporasi saat ini masih terbatas meskipun variasi penerbitannya banyak atau berkelanjutan.

Dari sisi tenor, Rian menyarankan investor memilih jangka menengah (5-7 tahun). Hal ini melihat kemungkinan suku bunga yang menurun dimana imbal hasil obligasi juga akan mengalami penurunan.

Sementara untuk reksa dana syariah, Rian memproyeksikan pasar uang syariah akan cukup menarik di semester II. Dia melihat permintaan untuk instrumen investasi ini mulai bermunculan.

Menurut Rian, pada dasarnya komposisi indeks terbesar saat ini masih reksa dana syariah offshore. Indeks secara keseluruhan di global untuk syariah sempat mengalami penurunan. Pasalnya, isu perang dagang masih menjadi ancaman.

"Saya harap semseter II ini ada recovery tapi tidak sesignifikan awal tahun," kata Rian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA