Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

BI Ajak Milenial Kenali Keuangan Digital

Sabtu 02 Mar 2019 13:01 WIB

Rep: Novita Intan Sari/ Red: Friska Yolanda

Bank Indonesia

Bank Indonesia

Ekonomi digital diproyeksikan menyumbang 150 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) mendorong masyarakat, khususnya kalangan muda untuk mengenali peluang ekonomi dan keuangan digital di Indonesia. Salah satunya, melalui ide karya kreatif yang menginspirasi kalangan muda lainnya. 

Dalam upaya mewadahi ide kreatif dan konten yang membangun tentang ekonomi dan keuangan digital, BI telah menyelenggarakan Video dan Blog Competition Tahun 2018, sebagai rangkaian BI Goes to Campus 2018 yang mengusung tema ‘Ekonomi Digital dan Perlindungan Konsumen’. Kompetisi yang berlangsung sejak November hingga Desember 2018, telah menghasilkan karya sebanyak 642 artikel blog dan 452 video. 

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengatakan sebagai regulator di bidang sistem pembayaran, termasuk pengaturan sistem pembayaran e-commerce, berupaya untuk terus mendorong pengembangan ekonomi digital melalui fasilitasi kegiatan sistem pembayaran.

“Kami mendorong produksi UMKM agar dapat tersalurkan kepada konsumen bahkan menjadi komoditas ekspor, serta mendorong berkembangnya industri pariwisata yang memanfaatkan penggunaan platform digital,” ujarnya kemarin Jumat (1/3) malam.

Kegiatan BI Netifest 2019 merupakan puncak dari rangkaian acara BI Goes to Campus yang memfasilitasi generasi muda dalam melihat peluang berkembanganya ekonomi digital di Indonesia. Tema kegiatan BI Netifest 2019 sejalan dengan langkah Bank Indonesia untuk memperkuat kebijakan sistem pembayaran dalam mendukung Strategi Nasional Ekonomi dan Keuangan Digital, khususnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi defisit transaksi berjalan, yang pada tahun 2019 dapat diperkirakan menuju kisaran 2,5 persen dari PDB. 

Menurut (McKinsey, 2016) ekonomi digital diproyeksikan menyumbang 150 miliar dolar AS ke PDB Indonesia pada 2025. Dengan pertumbuhan yang besar, ekonomi digital melahirkan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda di tengah perkembangan teknologi yang cukup pesat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA