Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Gubernur BI: Inflasi November Terjaga 0,18 Persen

Jumat 30 Nov 2018 16:45 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Inflasi

Inflasi

Kondisi daya beli masyarakat saat ini terjaga baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Wajiyo menyebut inflasi bulan November berada di level 0,18 persen secara month to month. Secara year to date inflasi berada di angka 2,41 persen dan year to year sebesar 3,14 persen.

"Seluruh barang, baik makanan, barang inti inflasi atau barang yang harga-harganya dikendalikan pemerintah itu tetap terkendali," kata Perry pada wartawan usai shalat Jumat di Masjid Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (30/11).

Beberapa sumbangan inflasi berasal dari bawang merah, bensin, ayam ras, telur ayam ras. Meski demikian inflasi tetap rendah dan terkendali. BI memperkirakan inflasi akhir tahun ini di angka 3,2 persen.

Perry mengatakan kondisi saat ini menunjukan daya beli masyarakat terjaga baik sesuai dengan perkiraan. Ia juga menyampaikan lagi perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun ini yakni 5,1 persen.

"Kalau kita break down sumber dari pertumbuhan ekonomi, permintaan domestik kita cukup kuat, konsumsi ditambah dengan investasi cukup baik," katanya.

Konsumsi tumbuh 5,2 persen dan investasi mendekati 7 persen. Sehingga permintaan domestik bisa tumbuh sekitar 5,5 persen. Sementara ekspor dikurangi impor masih negatif karena impor lebih tinggi dibanding ekspor.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA