Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Bank Muamalat Salurkan Bantuan Rp 1,1 Miliar untuk Lombok

Kamis 30 Aug 2018 14:32 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Kerusakan akibat gempa di Lombok, NTB

Kerusakan akibat gempa di Lombok, NTB

Foto: Republika TV
Bank Muamalat sudah menyalurkan bantuan tahap awal berupa kebutuhan dasar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) menyalurkan bantuan sosial senilai lebih dari Rp 1,1 miliar untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Penyerahan bantuan dilakukan di Desa Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara oleh Chief Executive Officer Bank Muamalat Achmad K Permana pada Kamis (30/8).

Turut hadir dalam penyerahan tersebut Gubernur Provinsi Nusa Tengara Barat Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB). CEO Bank Muamalat Achmad Permana mengatakan, bantuan ini merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dan diharapkan dapat berguna serta bisa meringankan beban para korban.

"Kami turut prihatin atas bencana yang melanda saudara-saudara di Lombok. Untuk bantuan awal kami salurkan apa yang menjadi kebutuhan primer mereka seperti sembako. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang sedang ditimpa musibah di Lombok,” katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis.

Sebelumnya, Bank Muamalat sudah menyalurkan bantuan tahap awal berupa kebutuhan dasar dan mendesak seperti bahan makanan, selimut dan tenda darurat. Sedangkan bantuan tahap kedua, selain kebutuhan primer, Bank Muamalat juga membantu penyediaan rumah penampungan sementara, sanitasi dan kelas darurat senilai sekitar Rp 950 juta. Dengan demikian, total bantuan yang disalurkan mencapai Rp 1,1 miliar.

Pemberian bantuan sosial tersebut disalurkan melalui Baitulmaal Muamalat (BMM) selaku lembaga pengelola zakat Bank Muamalat. Selain itu, bank syariah pertama di Indonesia ini juga tergabung dalam Sinergi Santunan Bencana Lombok antara Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH)-Asbisindo/BPS-BPIH-Kementerian Agama bersama 13 bank lain yang ikut berpartisipasi dan bantuan sosial tersebut.

Permana menambahkan, pihaknya berharap bantuan untuk korban gempa di Lombok dapat berlanjut melalui program CSR unggulan BMI yang lain, seperti bantuan untuk biaya dan infrastruktur pendidikan melalui program Sekolah Prestasi Muamalat.

“Kami menyadari masih banyak perbaikan yang harus dilakukan untuk memulihkan Lombok. Ke depan, kami berharap dapat berkontribusi untuk pemberian beasiswa atau infrastruktur pendidikan. Anak-anak jangan sampai putus sekolah karena mereka generasi penerus bangsa,” imbuhnya.

Disamping bantuan dari perusahaan, Bank Muamalat juga membuka kesempatan bagi masyarakat umum yang ingin membantu korban gempa bumi di Lombok melalui rekening Bank Muamalat atas nama Baitulmaal Muamalat 301-007-2163, dengan menambahkan kode unik 123 di akhir nominal donasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA