Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Soal Fintech, Ahli: Jangan Tergiur Tawaran Bunga Rendah

Senin 04 Feb 2019 23:54 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah

Perusahaan financial technology (fintech) asal Cina di Indonesia

Perusahaan financial technology (fintech) asal Cina di Indonesia

Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Masyarakat perlu belajar hal simpel menghitung bunga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli digitalisasi keuangan PT Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, sebelum memutuskan untuk menggunakan pinjaman online, seperti fintech, masyarakat perlu belajar beberapa hal. Salah satunya jangan mudah tergiur dengan tawaran bunga yang rendah.

"Masyarakat perlu belajar hal simpel menghitung bunga, perlu mengetahui kapan bunga itu mahal dan kapan bunga itu murah. Jangan mudah tertipu dengan gimmick bayar tujuh hari, 14 hari dan jangan terlena dengan bunga satu persen per hari," katanya kepada Republika.co.id, saat ditemui usai diskusi publik di Kantor LBH Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/2) sore.

Ia menuturkan, penawaran pinjaman online dengan bunga yang rendah per hari, bukanlah sebuah jaminan. Melainkan hanya sebuah trik penjualan (marketing). "Karena kalau fintech menawarkan bunga per bulan, akan keliatan gede," ucapnya.

Selain itu, Alfons menyebut, ada trik lainnya yang juga dilakukan fintech, yaitu biaya admin. "Misal kan, pinjam Rp 2 juta, biaya admin Rp 250 ribu, kan keliatan kecil. Tapi Rp 250 ribu itu sama dengan 12,5 persen per tahun. Kamu pinjamnya cuma sebulan, biaya admin Rp 250 ribu. Artinya, 12,5 persen x 12 bulan. Biayanya terlalu tinggi," papar Alfons.

Menurutnya, masyarakat cenderung menggunakan fintech karena terdesak atau kepepet untuk mencari pinjaman uang. Oleh karena itu, ia menjelaskan, pentingnya pendidikan pengelolaan finansial yang baik dan mengurangi gaya hidup yang konsumtif. "Alternatifnya satu memang ke pengelolaan keuangan. Tapi yang jelas fintech itu cara terakhir," tuturnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA