Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

BI: Kuartal II, Pertumbuhan Lowongan Kerja Meningkat

Kamis 12 Jul 2018 23:53 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ratusan pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada acara Mega Career Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta, Sabtu (7/7).

Ratusan pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada acara Mega Career Expo 2018 yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta, Sabtu (7/7).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Peningkatan rata-rata pertumbuhan lowongan kerja 19,2 persen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia (BI), terlihat lowongan kerja meningkat pada kuartal II 2018. Peningkatan rata-ratanya mencapai 19,2 persen, lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya yang 18,74 persen.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Statistik BI Yati Kurniati mengatakan, pertumbuhan lowongan kerja terjadi pada sektor keuangan dan asuransi sebesar 47,7 persen. Kemudian di sektor perdagangan besar dan eceran sebanyak 25,1 persen, pertambangan dan penggalian sebesar 53,5 persen, penyediaan akomodasi dan makan-minum sebesar 16,4 persen, serta konstruksi sebanyak 48,5 persen. 

"Kita survei lowongan kerja ini pakai big data. Jadi seluruh penawaran pekerjaan lewat online kita tarik datanya," ujar Yati kepada wartawan di Jakarta, Kamis, (12/7).

Menurutnya, hal itu menjadi indikator pertumbuhan ekonomi. Pasalnya dapat terlihat, sektor mana yang tumbuh paling baik. 

Lebih lanjut, ia menyebutkan, pertumbuhan lowongan pekerjaan di Pulau Jawa masih tumbuh 10 persen. Hanya saja, lebih menurun dibandingkan sebelumnya. 

"Masih banyak lowongan pekerjaan yang ditawarkan di Jawa. Hanya saja, pertumbuhannya lebih tinggi di Sumatera dan Kalimantan, misalnya di Riau," katanya.

Yati menyebutkan, pertumbuhan lowongan pekerjaan saat ini didominasi 85 persennya untuk sektor formal. Sisanya barulah untuk sektor informal.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES