Sunday, 12 Safar 1440 / 21 October 2018

Sunday, 12 Safar 1440 / 21 October 2018

Bermodal Tabungan Emas Dapat Rumah Idaman, Ini Caranya!

Sabtu 09 Jun 2018 12:33 WIB

Red: Ani Nursalikah

Emas batangan.

Emas batangan.

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Punya rumah di usia muda kini bukan lagi impian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menabung emas makin ramai diperbincangkan di era modern saat ini. Emas masuk dalam kategori investasi yang tahan terhadap laju inflasi.

Harga emas juga mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Jumlah kenaikannya bisa mencapai 10 persen per tahun. Inilah kenapa permintaan emas terus mengalami peningkatan.

Keuntungan yang didapat dari investasi emas bisa dialihkan untuk investasi lain, seperti rumah. Ini artinya siapa pun kini bisa mempunyai rumah idaman hanya dengan bermodal tabungan emas.

Tertarik untuk mencoba? Berikut tips beli rumah dengan tabungan emas seperti dikutip dari Cermati.com.

Ikut Program Tabungan Emas

Program tabungan emas sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Hanya saja, orang yang mengikuti program tabungan emas tidak sebanyak saat ini jika dibandingkan dengan tiga tahun lalu.

Jika Anda pernah bermimpi untuk punya rumah di usia muda, ikutilah program tabungan emas. Cepat atau lambat, emas yang Anda tabung akan mendatangkan keuntungan dalam beberapa bulan ke depan.

Keuntungan inilah yang bisa digunakan untuk kembali membeli emas yang baru. Begitu seterusnya. Hingga akhirnya jumlah tabungan emas mencukupi untuk membeli rumah.

Pilih Lembaga Tabungan Emas yang Kredibel

Banyak lembaga yang kini membuka jasa menyimpan atau menabung emas. Tapi, tidak semua lembaga tersebut bisa dipercaya. Ada saja lembaga yang menyalahgunakan kepercayaan masyarakat untuk memperkaya diri sendiri atau organisasi yang dipimpinnya.

Oleh karena itu, Anda tetap perlu berhati-hati dan memilih lembaga yang memiliki kredibilitas. Bergabunglah pada lembaga tabungan emas yang sudah banyak dipercaya masyarakat, misalnya pegadaian atau butik emas lainnya. Di pegadaian maupun di butik emas, selain mendapat tingkat keuntungan yang lumayan besar, potongan biaya yang Anda tanggung saat mencairkan tabungan emas pun kecil.

Gunakan Tabungan Emas untuk Bayar DP

Bila emas yang Anda tabung sudah lumayan banyak, kini saatnya membidik rumah idaman. Cari tahu kisaran harga rumah yang diinginkan untuk mengetahui apakah emas yang Anda punya sudah cukup untuk membayar DP (down payment).

Pembayaran uang muka minimal untuk satu unit rumah biasanya sebesar 20 persen. Apabila harga rumah sebesar Rp 350 juta, itu artinya Anda harus menyiapkan uang minimal sebesar Rp 70 juta untuk membayar DP atau setara dengan 114 gram emas.

Lanjutkan dengan Program KPR

Apabila pembayaran DP sudah beres, kini saatnya memutuskan metode pencicilan rumah. Mengikuti program KPR mungkin jadi metode pembayaran cicilan terbaik yang bisa Anda ikuti saat ini.

Dengan KPR, Anda bisa memilih tenggang waktu pembayaran dalam kurun waktu tertentu, misalnya lima-20 tahun. Tentu, semakin cepat kurun waktu yang dipilih, maka semakin besar jumlah cicilan yang dibayarkan setiap bulan. Maka, sesuaikan jumlah yang dibayar dengan kemampuan ekonomi agar Anda bisa membayar cicilan KPR dengan lancar tanpa terjebak macet sekali pun.

photo

Kembali Menabung Emas Bila Belum Cukup

Jika Anda tidak berniat mengikuti program KPR karena faktor bunga, Anda bisa kembali mengikuti program menabung emas seperti sedia kala. Jumlah emas yang ditabung tidak perlu terlalu banyak, yang penting sesuai dengan jumlah cicilan wajib yang perlu dibayar untuk membayar cicilan rumah idaman. Ikuti program menabung emas sampai cicilan rumah idaman benar-benar lunas.

Kembali mengikuti program tabungan emas mungkin akan sedikit merugikan, terutama pada saat harga emas tiba-tiba naik ketika tanggal pembayaran cicilan sudah jatuh tempo. Meskipun begitu, kerugian yang Anda alami tetap aman-aman saja karena memang naik atau turunnya harga emas masih bisa dimaklumi.

Banyak Cara Membeli Rumah Idaman

Keinginan punya rumah di usia muda kini bisa diwujudkan siapa pun, termasuk Anda. Dengan mengetahui tips dan mekanisme mengikuti program tabungan emas yang benar, dapat dipastikan Anda bisa mendapatkan rumah idaman dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

Tabungan emas yang diikuti alangkah baiknya jika berupa koin dinar atau emas batangan. Sebab, laju pertumbuhan kedua jenis emas ini cukup tinggi, harga jualnya juga tidak terlalu jauh kalau dibandingkan dengan harga beli emas. Mau dapat rumah idaman? Yuk tabung emas!

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES