Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Rumah Pascapandemi, Seperti Apakah?

Ahad 22 May 2022 07:52 WIB

Red: Natalia Endah Hapsari

Hunian yang sehat dan ramah lingkungan kini menjadi pilihan (ilustrasi)

Hunian yang sehat dan ramah lingkungan kini menjadi pilihan (ilustrasi)

Foto: dok Asya
Masyarakat urban sadar pentingnya hunian yang ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Situasi pandemi telah banyak mengubah gaya hidup serta perilaku masyarakat Indonesia, termasuk dalam memilih tempat tinggal yang nyaman dan bermanfaat dalam jangka panjang. Tren hunian saat ini semakin menunjukkan bahwa penghuni menginginkan kelengkapan fasilitas dan lingkungan sekitar hunian yang dapat mendukung kesehatan mereka, seperti harus memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, serta penyediaan area sterilisasi.

Selain itu hunian yang memiliki nilai yang keberlanjutan (sustainability) juga menjadi pertimbangan. Terlebih sekitar 91 persen dari masyarakat kota sadar akan pentingnya hunian yang ramah lingkungan. 

Menjawab kebutuhan dan tren hunian yang semakin berkembang, terutama di era pasca-pandemi ini, Asya, township premium di kawasan Jakarta Timur yang digarap oleh PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan Astra Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan tiga lantai yang mengusung tema pasca-pandemi melalui Cluster Kelimutu. 

Rumah yang mengangkat konsep modern tropis ramah lingkungan ini didesain untuk menjawab kebutuhan hunian di era normal baru dengan dukungan fasilitas dan ekosistem terlengkap dan merupakan satu-satunya di Jakarta Timur.

''Cluster Kelimutu kami hadirkan sebagai jawaban bagi konsumen yang menginginkan sebuah landed house mewah ideal yang dapat memperkaya pengalaman hidup berkualitas mereka. Cluster ini didesain dengan mengedepankan kombinasi berbagai faktor pendukung seperti teknologi modern yang ramah lingkungan untuk keamanan, area sterilisasi untuk kenyamanan, serta berbagai fungsi rumah lainnya yang mendukung kesehatan, salah satunya melalui pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik,” ujar Irma Gunawan Tjandra, Chief Marketing Officer Asya, dalam siaran pers, Ahad (22/5).

Selain faktor kesehatan, memiliki hunian yang nyaman dengan konsep ramah lingkungan yang berkelas juga menjadi dambaan masyarakat. Terbukti bahwa sebagian masyarakat juga tercatat bersedia untuk mengeluarkan bujet lebih agar memiliki ruangan dengan fitur ramah lingkungan yang turut menjadi tren hunian tahun 2022.

Maka, seluruh unit di Cluster Kelimutu telah dilengkapi dengan smart home system, solar panel, CCTV pada pintu utama dan ruang tamu, serta dual access menuju ke dalam rumah dengan smart digital door lock (card & fingerprint).

Tak hanya itu, “Selain sektor fungsionalnya yang esensial, Asya turut memperhatikan sisi estetika di setiap unit Cluster Kelimutu yang sesuai dengan masyarakat urban modern. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami telah berkolaborasi dengan tim konsultan arsitektur dan desain interior berkelas internasional sehingga penghuni akan merasakan pengalaman terbaik bersama Kelimutu,” tambah Irma.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA