Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Bio Farma Gencarkan Tranformasi Digital untuk Kesehatan Masyarakat

Rabu 06 Jul 2022 10:51 WIB

Red: Sandy Ferdiana

Dengan menggandeng Google Cloud, Fitbit, dan ConnectedLife, Bio Farma meluncurkan inisiatif kesehatan digital baru yang disebut Preventive Care Medwell

Dengan menggandeng Google Cloud, Fitbit, dan ConnectedLife, Bio Farma meluncurkan inisiatif kesehatan digital baru yang disebut Preventive Care Medwell

Foto: Istimewa
Bio Farma kolaborasi dengan Google Cloud dan ConnectedLife with Fitbit

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bio Farma sebagai induk Holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Farmasi, baru saja menyepakati kerjasama dengan Google Cloud, Fitbit, dan ConnectedLife. Kerja sama itu membuahkan inisiatif kesehatan digital baru yang disebut Preventive Care Medwell.

photo
Preventive Care Medwell. - (Istimewa)
Kolaborasi inovatif itu ditujukan untuk mendukung program pemerintah dalam cetak biru dan visi ‘Indonesia Sehat’. Kerjasama antarentitas itu telah mengembangkan ConnectedLife with Fitbit, yaitu suatu platform virtual kesehatan yang dibuat sesuai kebutuhan individu, yang pertama dari jenisnya secara lokal.

Tujuannya adalah untuk menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih sehat melalui pencegahan penyakit kronis. ConnectedLife dengan Fitbit yang didukung oleh infrastruktur dan layanan data Google Cloud yang terbuka dan terukur yang dirancang dengan tingkat keamanan yang tinggi.

photo
Preventive Care Medwell - (Istimewa)
Platform ini memungkinkan pengguna untuk menyinkronisasikan kesehatan pengguna dengan menggunakan aplikasi Fitbit, melalui web ConnectedLife dan dasbor seluler. Dengan begitu, maka akan terlihat secara menyeluruh mengenai gaya hidup, seperti aktivitas sehari-hari, nutrisi, tidur, dan tingkat stres yang dapat memengaruhi kesehatan dan kebugaran pengguna.

Setelah menerima persetujuan dari pengguna ConnectedLife, kemudian Fitbit akan menganalisa data pengguna untuk menghasilkan ‘Skor Kesehatan’ yang dinamis dan realtime. Pengguna juga akan mendapatkan rekomendasi yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan pengguna,  untuk memotivasi agar memulai gaya hidup yang lebih baik.

Dengan menggabungkan lebih lanjut data yang ada di Fitbit, data klinis dari perangkat medis lain yang terhubung selama pemeriksaan kesehatan, dan data yang dicatat sendiri, platform ConnectedLife dengan Fitbit dapat membantu individu menyesuaikan gaya hidup mereka. Dengan  demikian, akan terjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang sehat, dan mengurangi risiko mengembangkan kondisi kronis seperti diabetes mellitus.

Direktur Transformasi dan Digital Bio Farma Soleh Ayubi PhD mengatakan,  Bio Farma memiliki misi membantu individu masyarakat sejak dini, untuk mengatasi penyakit sampai ke sumbernya, sebelum berkembang ke tahapan yang lebih kronis.

‘’Inilah sebabnya mengapa kami mendorong dan memberikan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi secara teratur selama beberapa dekade terakhir,’’ ujar Ayubi. Melalui inisiatif Preventive Care Medwell, saat ini pihaknya memanfaatkan teknologi kelas dunia dan keahlian dalam data-science  untuk memajukan perawatan, pencegahan yang dipersonalisasi dalam skala besar.

Ayubi menambahkan, Google Cloud dan ConnectedLife memiliki kemampuan terdepan di industri Fitbit dalam teknologi wearable, infrastruktur cloud, keamanan siber, dan kecerdasan buatan (Artificial Iintelligence). Google Cloud dan ConnectedLife berpengalaman dalam membangun platform dan ekosistem digital terpercaya.

Pihaknya berharap, Google Cloud dan ConnectedLife dapat memberdayakan masyarakat Indonesia, untuk mengambil kendali atas kesehatan mereka sendiri, mengadopsi gaya hidup ke arah  penyakit penyakit kronis dan parah, dan menikmati hari tua, dengan peningkatan kualitas hidup.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menambahkan, Bio Farma sebagai Induk Holding BUMN Farmasi akan terus bertransformasi menuju digitalisasi. Salah satunya melalui telemedis yang akan segera dinikmati oleh masyarakat. Holding BUMN Farmasi juga senantiasa akan mendukung pemerintah Indonesia, untuk mewujudkan ketahanan kesehatan nasional.

‘’Untuk mewujudkan layanan kesehatan yang terdigitalisasi, diperlukan kerjasama lintas sektoral, seperti dengan pihak-pihak yang memiliki kompetensi di bidangnya, seperti Google Cloud, diharapkan kerjasama ini dapat membuat inovasi di bidang layanan kesehatan digital,” ujar Honesti.

Wakil Menteri I Kementerian Badan Usaha Milik Negara Pahala Mansury mengatakan, pergeseran sistemik dari perawatan tradisional yang terfokus pada rumah sakit, ke perawatan pencegahan yang fokus pada pasien, merupakan tantangan besar. Ini juga membutuhkan komitmen dan upaya yang cukup besar dari banyak pemangku kepentingan, dan bukan hanya pemerintah.

Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik kerjasama antara Bio Farma, Google Cloud, dan ConnectedLife dengan Fitbit. Selain mendorong perubahan gaya hidup positif pada individu, data platform dari Preventive Care Medwell akan berfungsi sebagai sumber daya utama untuk wawasan yang menginformasikan program masa depan. Misalnya untuk kesehatan masyarakat presisi, yang memberikan intervensi kepada populasi yang tepat pada waktu yang tepat.

Program perawatan, pencegahan yang berhasil secara nasional, dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam mencegah atau menunda timbulnya penyakit kronis. Hal ini akan meringankan beban masyarakat dan rumah sakit, dan memastikan bahwa sistem perawatan kesehatan dan posisi fiskal negara tetap berkelanjutan.

ConnectedLife menggunakan kemampuan tingkat perusahaan Google Cloud dalam enkripsi data, manajemen permukaan serangan, keamanan jaringan, serta manajemen identitas dan akses untuk menerapkan kontrol keamanan yang ketat, tata kelola data, dan perlindungan data yang ditingkatkan di seluruh platform virtual. Ketika individu mendaftar untuk Preventive Care Medwell, proses persetujuan akan muncul dengan jelas dan transparan. Itu semua difasilitasi melalui antarmuka pemrograman aplikasi web yang aman, yang dimulai bagi untuk menunjukkan apakah mereka setuju untuk membagikan data mereka.

Platform saat ini sedang diujicobakan dengan 300 pengguna awal, yang masing-masing telah menerima Fitbit Sense atau Fitbit Charge 5. Setelah uji coba selesai, Bio Farma dan anak perusahaannya akan meluncurkan platform tersebut ke jaringan nasional yang terdiri dari 450 klinik, 1.200 apotek, dan mitra komersial dalam enam hingga sembilan bulan ke depan.

Penyedia layanan kesehatan dan perusahaan ini kemudian akan memperluas inisiatif kesehatan digital kepada pasien dan karyawan mereka. Melalui platform, penyedia layanan kesehatan dan perusahaan akan dapat memanfaatkan alat visualisasi data terpisah, untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada individu tentang profil risiko kesehatan.

Dengan menyamakan data dari ConnectedLife, memungkinkan penyedia layanan kesehatan dan pemberi kerja menilai dan mendeteksi risiko kesehatan yang muncul dari jarak jauh. Dengan demikian akan terancang intervensi atau program yang ditargetkan.

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan, ekosistem teknologi Fitbit mampu memfasilitasi peningkatan kesehatan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Google Cloud dengan mesin data kesehatan telah mempercepat pengembangan vaksin polio, tetanus, dan Covid-19.

Inisiatif baru ini merupakan perpanjangan dan pengakuan atas kerja kolektif. ‘’Dengan ConnectedLife, kami yakin bahwa kombinasi perangkat, perangkat lunak, dan layanan yang dipersonalisasi  dapat membawa makna pada informasi kesehatan, memotivasi orang Indonesia untuk mengambil langkah proaktif menuju kesehatan preventif,’’ tandas Megawaty Khie.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA