Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Software Kasir Miliki Fitur Manajemen Inventori, Ketahui Kapan Bisnis Membutuhkannya

Sabtu 25 Jun 2022 22:48 WIB

Red: Gita Amanda

Pebisnis lebih memilih menggunakan software kasir yang memiliki fitur manajemen inventori.

Pebisnis lebih memilih menggunakan software kasir yang memiliki fitur manajemen inventori.

Foto: Olsera
Fitur manajemen inventori diperlukan saat usaha menjual banyak produk mudah rusak

REPUBLIKA.CO.ID, Memantau persediaan barang di toko memang menjadi salah satu pekerjaan yang menyita banyak waktu saat menjalankan bisnis. Bahkan kegiatan tersebut bisa menjadi sangat membosankan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, biasanya pebisnis lebih memilih menggunakan software kasir yang memiliki fitur manajemen inventori.

Lantas, kapan anda membutuhkannya ? Yuk ikuti terus ulasan berikut.

1. Punya banyak produk

Jika sampai sekarang anda belum menggunakan sistem POS dengan manajemen inventori, maka penting untuk mengetahui kapan sebenarnya bisnis benar benar membutuhkan fitur tersebut. Adapun salah satunya yaitu ketik bisnis yang anda jalankan mempunyai banyak produk yang dijual.

Misalnya ketika anda menjalankan usaha suku cadang mobil. Pastinya ada puluhan hingga ribuan item barang yang harus disimpan dan dicatat. Melakukannya secara manual tentu bukan ide bagus karena bisa memakan waktu yang tidak sedikit. Sehingga anda memerlukan manajemen inventori untuk menghitung serta memonitor persediaan barang tersebut secara mudah.

2. Menjual produk yang mudah rusak

Software kasir dengan fitur manajemen inventori juga diperlukan ketika anda bergerak pada usaha yang menjual produk mudah rusak. Misalnya anda memiliki toko kelontong dengan barang yang memiliki waktu cukup pendek seperti snack kemasan, susu kotak, makanan, dan lain sebagainya yang sejenis.

Produk seperti itu tidak bisa berada di etalase terlalu lama karena mempunyai tanggal kadaluarsa. Jadi anda harus menyortir barang dengan baik agar konsumen tidak sampai mendapatkan produk yang sudah melewati batas kedaluwarsa, dan mengeluarkan produk sebaiknya dilakukan berdasarkan tanggal kedaluwarsa tersebut. Kegiatan ini tentu lebih mudah dengan bantuan sistem manajemen inventori.

3. Menjalankan bisnis musiman

Jika anda termasuk orang yang menjalankan bisnis musiman, maka anda membutuhkan fitur manajemen inventori dari software kasir untuk membantu jalannya bisnis. Karena bisnis musiman umumnya punya tantangan tersendiri dalam hal inventaris. Contohnya peternak sapi atau kambing yang harus melakukan ternak hingga 1 tahun sebelum musim lebaran haji tiba.

Atau penjual bunga yang harus memproduksi jauh-jauh hari sebelum Hari Kasih Sayang datang. Bisnis bisnis musiman ini diketahui mengalami tantangan yang cukup berat sebelum musimnya tiba. Karena mereka harus bisa menjaga kualitas barang, mengelola manufaktur, pengiriman, dan arus kas sampai musimnya. Sehingga penggunaan manajemen inventori tentu akan sangat membantu.

Ciri-siri sistem manajemen inventori yang baik

Supaya semua permasalahan persediaan bisnis seperti di atas bisa diatasi dengan baik, anda sebaiknya mengetahui bagaimana ciri ciri sistem manajemen inventori yang bagus. Dimana setidaknya ada tiga ciri utama yang harus dimiliki oleh sistem. Sebagai dasarnya yaitu membantu membuat anggaran bisnis, hemat waktu, dan mengurangi biaya. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Anggaran dan perencanaan

Sistem manajemen inventori yang baik bisa membantu pemilik bisnis untuk membuat keputusan pembelian dan penjualan secara tepat. Dimana keputusan ini dilakukan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan toko, berdasarkan data data yang ada di dalam sistem manajemen.

2. Hemat waktu

Fungsi utama sistem manajemen persediaan adalah memudahkan anda mencatat dan memonitor inventori toko secara berkala. Itu berarti sistem yang baik akan membuat andalebih hemat waktu dalam melakukan tugas tersebut. Sehingga pelanggan pun tidak harus menunggu lama untuk pesanan mereka.

3. Mengurangi biaya operasional

Satu lagi ciri dari fitur manajemen inventori software kasir yang baik, yakni dapat mengurangi biaya operasional. Karena kesalahan administrasi dan dokumen bisa menyebabkan penyusutan atau kehilangan inventaris, yang membutuhkan biaya cukup mahal untuk proses audit. Sehingga pengelolaan inventaris yang baik akan sangat membantu di sini.

Hal yang serupa juga dirasakan oleh Sri dari Mandiri Cell, penggunaan Aplikasi Kasir Olsera yang sangat mudah membuat Sri sangat puas dengan kualitas yang diberikan oleh Aplikasi Pintar Olsera. Selain itu harga yang terjangkau, fitur yang ditawarkan kian bervariasi. Pemantauan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun membuat Sri dari Mandiri Cell Puas Pakai Olsera.  

Jadi, tunggu apa lagi ? Inilah adalah waktu yang tepat untuk bisnis anda menggunakan aplikasi kasir dengan fitur manajemen inventori yang baik. Seperti Olsera POS dengan fitur Manajemen Inventori PRO yang dimiliki. Fitur ini memungkinkan anda mencatat pemakaian stok secara mendetail dan akurat. Selengkapnya bisa dilihat lebih lanjut di websiteolsera.com.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA