Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Wujudkan Lima Prioritas KemenBUMN, Peruri Terus Dorong Penyediaan Digital Signature

Sabtu 28 May 2022 18:18 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Ilustrasi tanda tangan digital.

Ilustrasi tanda tangan digital.

Foto: Dok. Bumn
Digital signature dinilai efisien karena tidak lagi memerlukan tanda tangan 'basah'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danareksa Finance (Danareksa Finance) menjalin kerja sama dengan Perum Peruri untuk menyediakan fasilitas tanda tangan elektronik atau Digital Signature. Dikutip dari Antara, Sabtu (28/5/2022), penandatanganan perjanjian kerja sama tentang penyediaan fasilitas digital signature dilakukan oleh Direktur Utama Danareksa Finance Bonifacius Prasetyo dan Kepala Divisi Pemasaran Strategis Peruri Hari Sukmono di kantor Peruri Jakarta.

"Kerja sama ini merupakan salah satu perwujudan dari lima Prioritas Kementerian BUMN dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Danareksa Finance Tahun 2022 yaitu Kepemimpinan Teknologi, selain yang akan kami lakukan juga tahun ini yaitu penerapan Integrated Core System dan proses I-Financing versi yang terbaru," kata Bonifacius.

Baca Juga

photo
Direktur Utama Danareksa Finance, Bonifacius Prasetyo (kedua kiri) dan Kepala Divisi Pemasaran Strategis Peruri, Hari Sukmono (kedua kanan) menandatangani perjanjian kerjasama penyediaan fasilitas digital signature. - (Dok. Bumn)
Bonifacius mengatakan, dari sisi aktivitas operasional perusahaan, penggunaan digital signature sangat efisien karena tidak lagi memerlukan tanda tangan 'basah' dan dapat dilakukan di manapun tanpa memerlukan kehadiran dokumen secara fisik, sehingga proses-proses bisnis tidak akan lagi terkendala oleh lamanya pengurusan dokumen.

"Selain itu, penggunaan digital signature juga sangat efektif karena terdapat informasi elektronik yang dapat digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi sehingga secara hukum dapat diketahui keabsahannya," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Divisi Pemasaran Strategis Peruri menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Danareksa Finance memberikan layanan digital signature.

"Kami sungguh-sungguh dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi Danareksa Finance. Semoga melalui kerja sama yang baik ini, Peruri dapat mendukung pelaksanaan kinerja yang efektif di setiap langkah operasional Danareksa Finance," jata Hari Sukmono.

Sejak 2019, Peruri telah bertransformasi menjadi perusahaan penyedia layanan digital security, dengan sejumlah produk mulai dari tanda tangan digital, stempel digital serta meterai elektronik (e-meterai).

Layanan Peruri Digital Business Solution diyakini dapat meningkatkan akuntabilitas pelayanan pemerintah yang berbasis digital untuk menjadikan sistem yang lebih akurat, aman dan tepat sasaran.

Layanan digital sekuriti Peruri telah mendapatkan lisensi sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE)/Certificate Authority dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sebagai pondasi untuk memberikan layanan bisnis digital sekuriti.

Sementara itu, PT Danareksa Finance adalah anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero) yang menyediakan layanan pembiayaan untuk korporasi melalui Pembiayaan Modal Kerja, Pembiayaan Investasi dan/atau kegiatan usaha pembiayaan lain berdasarkan persetujuan OJK, serta kegiatan sewa operasi (operating lease) dan/atau kegiatan berbasis fee.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA