Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Elon Musk Ungkap Investasi Bitcoin Versi Dia

Sabtu 24 Jul 2021 05:51 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Tegaskan Tidak Jual Bitcoin, Elon Musk Ungkap Bakal 'Hold' dalam Jangka Panjang (Foto: Instagram/elonrmuskk)

Tegaskan Tidak Jual Bitcoin, Elon Musk Ungkap Bakal 'Hold' dalam Jangka Panjang (Foto: Instagram/elonrmuskk)

Miliarder Elon Musk menegaskan secara pribadi akan menahan uang kripto miliknya

Terlepas dari kritiknya terhadap penambangan bitcoin dan dampak lingkungannya, miliarder Elon Musk menegaskan bahwa ia secara pribadi akan menahan uang kripto miliknya dalam jangka panjang.

Meski tidak menyebutkan jumlahnya, namun Musk mengatakan bahwa bitcoin adalah kepemilikan cryptocurrency terbesarnya, di atas ethereum dan dogecoin dalam konferensi "The B-Word".

Dilansir dari CNBC Make It di Jakarta, Jumat (23/7/21) CEO Tesla dan SpaceX ini juga mengatakan dia tidak memiliki rencana untuk menjual bitcoin-nya dalam waktu dekat.

Baca Juga: Elon Musk: Populasi di Bumi Sudah Kolaps, Ayo Kita ke Mars!

“Jika harga bitcoin turun, saya kehilangan uang. Saya mungkin memompa, tetapi saya tidak membuangnya. Saya benar-benar tidak percaya mendapatkan harga tinggi dan menjual atau semacamnya, ”kata Musk. “Saya ingin melihat bitcoin berhasil.”

Meskipun para ahli memperingatkan bahwa cryptocurrency adalah investasi spekulatif yang berisiko, namun jika memiliki atau akan membeli bitcoin, para ahli lain setuju bahwa strategi holding jangka panjang seperti Musk mungkin merupakan praktik terbaik.

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam bitcoin, atau cryptocurrency lainnya, Anda harus terlebih dahulu mempelajari dan memahami risiko yang terlibat.

“Bagi seseorang yang baru, penting bagi mereka untuk tetap memahami bahwa ini adalah kelas aset yang sangat fluktuatif,” Anjali Jariwala, perencana keuangan bersertifikat, akuntan publik bersertifikat dan pendiri Fit Advisors, mengatakan kepada CNBC Make It. "Anda harus nyaman dengan ayunan dan Anda harus nyaman juga kehilangan uang Anda."

Ruang crypto masih belum diatur secara luas dan tidak sepenuhnya menjadi arus utama, jadi ketika berinvestasi, Anda harus memastikan bahwa itu adalah uang yang benar-benar bisa Anda tanggung, tambahnya.

Kemudian, jika akhirnya memutuskan untuk berinvestasi dalam bitcoin, para ahli merekomendasikan untuk tetap menggunakan strategi jangka panjang daripada mencoba berdagang dalam jangka pendek.

Biaya transaksi untuk cryptocurrency bisa relatif tinggi, jadi membeli dan menahan dapat bermanfaat dalam hal itu juga.

Penting juga untuk melakukan diversifikasi di luar cryptocurrency dan membatasinya pada porsi portofolio Anda yang relatif kecil.

“Sama seperti investasi lainnya, Anda tidak dapat melihat nilai atau kinerja sebenarnya sampai Anda memiliki waktu untuk investasi itu,” tukas Amy Arnott, ahli strategi portofolio di Morningstar, mengatakan kepada CNBC Make It. “Jika itu adalah sesuatu yang telah Anda pegang selama lima atau 10 tahun, Anda benar-benar akan melihat apa dampaknya dan apa kinerjanya yang konsisten.”

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA