Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Blibli.com Tawarkan Pendanaan UMKM Rp 1,3 Miliar

Rabu 19 Jun 2019 17:05 WIB

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya

Blibli.com

Blibli.com

Pendanaan senilai Rp 1,3 miliar tersebut diberikan kepada empat pelaku UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform jual beli online, Blibli.com menawarkan pendanaan untuk pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp 1,3 miliar. Para UMKM yang mendapatkan pendanaan sekaligus diberi kesempatan untuk mengikuti agenda pameran produk internasional sekaligus bekerja sama dengan brand produk lokal.

Baca Juga

Deputi Credit Marketing Officer (CMO) Blibli.com, Andy Adrian, mengatakan, pendanaan tersebut diberikan melalui kompetisi tahunan wirausaha muda The Big Start (TBS) musim keempat.

"Kami tawarkan pendanaan total Rp 1,3 miliar karena funding menjadi tantangan UMKM untuk berkembang. Seringkali funding bagi pelaku UMKM itu kepentok," kata Andy dalam Konferensi Pers The Big Start Season 4, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6).

Ia mengatakan, TBS menjadi titik awal dari Blibli.com untuk mencari creativepreneur dengan usaha yang menjanjikan. Selanjutnya, sebagai tindak lanjut produk dari UMKM tersebut dipasarkan melalui Galeri Indonesia. Pada tahapan tersebut, pelaku UMKM sekaligus mendapatkan pembinaan agar usaha yang dilakoni dapat berkelanjutan.

 

Pendanaan senilai Rp 1,3 miliar tersebut diberikan kepada empat pelaku UMKM yang menjadi produsen produk kreatif lokal. Blibli.com menargetkan agar para produsen produk kreatif yang mendapat pendanaan juga dapat mengikuti expo internasional bersama Kementrian Perindustrian di kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

"Ribuan wirausaha yang mendaftar akan dikurasi menjadi top 100. Selanjutnya dipilih 20 UMKM terbaik dan akhirnya terpilih empat wirausaha," ujarnya.

TBS kali ini, dikatakan Andy, bakal fokus pada empat kategori utama. Di antaranya yakni fesyen, kuliner, kesehatan dan kecantikan, dan kriya.

Andy mengatakan, kontribusi usaha kreatif terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia menunjukkan para wirausaha muda mampu memberikan sumbangan signifikan bagi perekonomian nasional. Karena itu, ia menilai, keberadaan marketplace di Indonesia yang saat ini semakin eksis dalam bidang ekonomi digital perlu memainkan peran sebagai mal online yang membantu UMKM memperbesar skala bisnis.

Sementara itu, SVPTrade Partnership Merchant Sales Operation and Development Blibli.com, Geoffrey Dermawan, mengatakan, hingga kuartal I 2019, kategori produk UMKM yang terpasang di Galeri Indonesia tumbuh enam kali lipat. Pertumbuhan itu sejalan dengan pertumbuhan mitra UMKM dari Galeri Indonesia sebesar dua kali lipat. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA