Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

3 Cara Mudah Donasi Digital Bagi Milenial

Rabu 03 Apr 2019 11:00 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Generasi milenial.

Generasi milenial.

Foto: pexels
Kehidupan generasi milenial tidak bisa lepas dari dunia digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menjelang Ramadhan ada salah satu hal yang tak boleh terlewatkan yakni berbagi kebaikan dengan cara bersedekah. Seiring dengan perkembangan zaman, ternyata cara bersedekah pun mengalami modernisasi.

Bagi anak muda milenial Indonesia saat ini sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Mereka menjadi generasi 'menunduk' karena terpaku pada smartphone.

Saat ini hampir semua anak muda milenial memiliki smartphone. Kehidupan mereka seakan tidak bisa lepas dari dunia digital. Smartphone bukan lagi sekadar alat komunikasi, melainkan digunakan juga dalam kebutuhan sosial, pekerjaan, dan pendidikan.

Menurut Perencana Keuangan dan Investasi Syariah Putri Madarina anak muda milenial memiliki point of view yang lebih luas misalnya punya sisi humanis dan tingkat peduli sosial yang tinggi. Tak bisa dipungkiri, berkat internet anak muda kini semakin terdorong untuk lebih melek terhadap isu sosial.

“Saat ini generasi milennial diberikan privilege untuk menentukan preferensi sasaran sedekah serta cara menyalurkan sedekah yang berbasis teknologi dan online,” ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Rabu (3/4).

Menurutnya berdasarkan data presentase pengeluaran milenial dalam Indonesian Millennial Report tahun 2019 sebanyak 51,1 persen dari penghasilan digunakan untuk kebutuhan rutin bulanan seperti konsumsi dan transportasi sehari-hari. Untuk tabungan sebesar 10,7 persen, dan sisanya terbagi lagi untuk cicilan utang, hiburan, dan internet.

“Kabar baiknya, generasi millennial sudah mulai memperhitungkan alokasi untuk aktivitas sosial seperti zakat dan sedekah sebesar 5,3 persen dari penghasilan. Namun apabila 5,3 persen dari penghasilan dirasa berat untuk dikeluarkan sekaligus, tujuan sedekah bisa dibagi ke berbagai sasaran,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan ada tiga pilihan mudah untuk latih komitmen bersedekah. Bagaimana bijaknya menentukan besaran sedekah? Seperti cara-cara berikut antara lain

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA