Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Wednesday, 12 Rabiul Akhir 1440 / 19 December 2018

Waspada Zonk, Ini 7 Tips Belanja Online Ala Blibli.com

Kamis 06 Dec 2018 21:32 WIB

Red: Gita Amanda

Belanja di situs e-commerce yang terpercaya.

Belanja di situs e-commerce yang terpercaya.

Foto: Blibli.com
Karena buru-buru banyak pembeli malah kena zonk saat berbelanja online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bukan rahasia lagi kalau perempuan punya kecenderungan belanja di toko online lebih tinggi daripada laki-laki. Apalagi kalau e-commerce atau online shop langganan mereka sedang gencar menggelar diskon hingga flash sale dengan harga super miring. Kalau sudah begini, pertempuran mendapatkan item-item limited edition jadi sukar dielak.

Sayangnya, saking buru-buru dan tidak mau kecolongan orang lain, sejumlah pembeli malah kena zonk dari belanja online. Salah satunya Ellen Williams yang baru kena tipu, karena jumpsuit emas yang dia pesan dari sebuah online shop berbeda jauh dengan foto yang ditampilkan.

Betapa tidak? Disitat dari Mirror, jumpsuit yang dibanderol seharga kurang lebih Rp 600 ribuan tersebut tampak tembus pandang sampai memperlihatkan pakaian dalam yang Ellen kenakan. Perempuan berusia 21 tahun tersebut pun dikabarkan bakal meminta ganti rugi kepada online shop yang bersangkutan.

Bagaimana cara menghindari zonk saat belanja online? Kalian pastinya tidak mau, kan, mengalami kejadian buruk yang menimpa Ellen? Supaya barang yang dibeli sesuai dengan foto dan deskripsi, simak dulu 7 hal penting berikut ini!

  1. Belanja di online shop terpercaya

Menemukan online shop di Indonesia bukan perkara sulit. Namun, bagaimana dengan toko online terpercaya? Kalian bisa menilainya dari tampilan website atau media sosial, konten, kelengkapan katalog produk, hingga rating yang diberikan para pembeli. Salah satu online shop Tanah Air yang patut kalian pertimbangkan adalah Blibli.com.

E-commerce yang satu ini bukan cuma berani menampilkan produk dari berbagai kategori, tetapi juga selalu memastikan merchant dan barang yang dijualnya memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. Kalian dijamin aman belanja di sini, deh!

  1. Rajin baca testimoni atau review pembeli

Beberapa orang kerap mengabaikan testimoni atau review yang ditinggalkan pembeli pada produk-produk yang dijual di online shop. Padahal, penilaian mereka dapat membantu kalian buat mengambil keputusan penting. Memang, testimoni tak dapat dijadikan patokan mutlak. Akan tetapi, pengalaman pembeli yang benar-benar puas maupun kecewa yang cenderung subjektif bisa saja kalian alami.

Bacalah review pembeli yang mendalam supaya kalian memperoleh gambaran seputar produknya. Kalian juga bisa bertanya kalau membutuhkan informasi tambahan dari pembeli tersebut.

  1. Perhatikan model atau tipe produk secara saksama

Selanjutnya, perhatikan model atau tipe produk yang hendak kalian beli secara saksama. Toko online terlengkap dan murah profesional seperti Blibli.com senantiasa memastikan detail-detail ini sudah sesuai dengan produk yang ditampilkan. Kalian hanya perlu memeriksa kalau tipenya memang cocok.

Contoh, kalian pengin membeli sepatu. Model sepatu seperti apa yang pas dengan bentuk kakimu? Bagaimana dengan bahannya? Mengetahui hal-hal yang terkesan sepele seperti ini akan membantu kalian buat mendapatkan produk yang diincar secara cepat dan tepat.

  1. Jangan lupa menghitung ukuran produk

Menyambung dari poin sebelumnya, penting juga buat kalian untuk menghitung ukuran. Langkah ini umumnya dianjurkan saat kalian akan membeli sepatu, pakaian, dan item-item yang dilengkapi daftar ukuran. Beberapa kasus zonk yang terjadi dalam transaksi online shop diakibatkan kecerobohan pihak pembeli yang salah mencantumkan ukuran atau merchant yang asal menebak karena keterangan ini tidak diisi. Jangan sampai kalian menyesal karena pakaian atau sepatu yang dibeli malah kesempitan atau kedodoran karena tidak tahu ukurannya.

  1. Mengenal karakteristik bahan-bahan produk

Setiap produk, entah pakaian maupun perangkat elektronik, mempunyai karakteristik berbeda. Hal ini tak terlepas dari fungsi dan kebutuhan target pasarnya. Maka dari itu, kalian juga perlu mengenal sifat-sifat bahan atau material produk yang akan dibeli di online shop.

Misalnya, kalau ingin membeli pakaian nyaman dan sejuk, carilah yang terbikin dari katun. Kalau mau alas kaki tahan lama, sepatu berbahan kulit bisa jadi pilihan tepat. Sebagai toko online terbaik di Indonesia, Blibli.com pastinya akan memantau keterangan seperti ini pada produk yang dijajakan para merchant.

  1. Memeriksa kembali syarat dan ketentuan

Sudah melakukan langkah satu sampai lima? Langkah berikutnya yang akan menyelamatkan kalian dari zonk saat belanja online adalah mengecek setiap informasi yang sudah dimasukkan. Hal-hal yang patut kalian tinjau ulang adalah harga produk, estimasi pengiriman barang, metode pembayaran, garansi atau refund dan kupon yang digunakan (kalau kalian memakainya untuk mendapatkan potongan harga).

Sebab kasus-kasus zonk tak jarang muncul dari abainya pembeli saat memasukkan data-data penting. Akibatnya, barang yang dikirim lama sampai atau malah tertukar.

  1. Jangan langsung melepas tag harga produk

Barang yang kalian pesan sudah tiba dan sesuai detail pesanan? Bagus! Namun, jangan buru-buru melepas tag harga yang tergantung atau tertempel pada produk. Beberapa online shop tidak menerima refund kalau tag harga cacat atau lepas penuh.

Jadi, alih-alih mencopotnya, coba dulu barang yang kalian beli. Jika pas dan tidak menimbulkan masalah, kalian bisa lepas tag harganya. Akan tetapi, kalau ternyata memelesat dan barang mempunyai garansi, segera klaim dengan menyertakan syarat yang ditentukan toko online yang bersangkutan.

Maksimalkan kenyamanan dan keamanan belanja di Blibli.com!

Blibli.com juga pastinya tidak mau kalian kena zonk selama berbelanja di lapak mereka. Sebagai tindak pencegahan dan peningkatan pengalaman pelanggan, Blibli.com menyarankan sejumlah cara berikut ini supaya kegiatan belanjamu aman dan nyaman.

  • Akses memakai peramban (browser) resmi. Tidak sulit mengunduh dan menginstal peramban resmi, apalagi sebagian besar di antaranya tersedia secara gratis. Kalian bisa memakai Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, maupun Internet Edge buat mengakses situs Blibli.com. Pastikan juga perambannya sesuai dengan sistem operasi yang terinstal di perangkatmu.

  • Instal antivirus atau antimalware resmi. Kadang, memakai peramban resmi saja tidak cukup buat melindungi pengalaman belanjamu di toko online terpercaya. Untuk menekan gangguan, instal saja antivirus atau antimalware resmi. Jangan lupa update secara berkala, ya, agar laptop atau komputer kalian tidak kemasukan virus.

  • Mengunduh aplikasi dari app store terpercaya. Sedang tidak bawa laptop atau pengin belanja dengan cara lebih praktis? Blibli.com juga menyediakan aplikasi yang bisa kamu unduh dari app store resmi seperti Google Play Store untuk gawai berbasis Android, App Store untuk gawai berbasis iOS, dan Windows Phone. Jangan nekat mengunduh dari situs-situs mencurigakan, ya!

  • Selalu belanja memakai perangkat pribadi. Siapa yang suka numpang belanja di laptop atau ponsel orang lain? Ternyata, kebiasaan ini tidak dianjurkan, karena kalian akan memasukkan data-data pribadi yang bakal tersimpan dalam perangkat tersebut. Kalau terpaksa, pastikan dulu kalian mengakses Blibli.com dalam mode private atau incognito pada peramban.

  • Laman Blibli.com punya greenbar dengan awalan HTTPS. Terakhir, periksa juga laman toko online terlengkap dan murah yang kalian akses mempunyai greenbar dan domainnya diawali dengan HTTPS. Untuk Blibli.com sendiri, bakal ada tulisan PT Global Niaga [ID] pada greenbar yang dilanjutkan dengan domain berawalan https.

Seaman apa transaksi yang berlangsung di Blibli.com?

Untuk memudahkan proses pembayaran, Blibli.com menyediakan sejumlah metode yang dapat kalian pilih berdasarkan kebutuhan. Bukan cuma itu, mereka juga selalu update sistem keamanan secara teratur demi menjamin pengalaman belanjamu, termasuk menghindari kemungkinan zonk. Hal tersebut disebabkan adanya teknologi payment gateway bersertifikat PCI DDS serta sertifikat keamanan lainnya.

Terakhir, kalian jangan langsung percaya kalau ada oknum yang mengaku dari tim customer Blibli.com dan meminta password. Kemungkinan besar, orang tersebut adalah pihak yang ingin menyalahgunakan data pengguna resmi di Blibli.com.

Semoga tips menghindari zonk saat belanja di toko online ini bermanfaat buat kalian, ya!

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA