Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

PGN Medan Pastikan Pasokan Gas Tersedia

Sabtu 11 May 2019 19:11 WIB

Red: Friska Yolanda

Station Jaringan Gas Bumi:

Station Jaringan Gas Bumi:

Foto: Republika/Dadang Kurnia
PGN memprediksi terjadi peningkatan pemakaian hingga 20 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Manajemen PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) Medan, Sumatera Utara, memastikan pasokan gas bumi akan aman selama Ramadhan. Diperkirakan terjadi peningkatan pemakaian sebesar 10 persen sampai 20 persen.

Sales Area Head PGN Medan, Saeful Hadi di Medan, Sabtu (11/5), mengatakan pasokan gas bumi ke pelanggan PGN dipastikan aman. Hal ini didukung normalnya operasi sumur gas di Aceh yang dikelola oleh Pertamina EP.

"Berapapun kebutuhan pelanggan akan mampu dipenuhi PGN karena gas saat ini sudah stabil bersumber dari sumur di Lhoksmawe dan gas juga sudah tersedia di pipa-pipa jaringan PGN," ujar Saeful.

Saeful mengakui, selama Ramadhan, tren pemakaian gas bumi meningkat baik untuk pelanggan rumah tangga maupun komersial. Untuk rumah tangga, konsumsi meningkat 10 persen, sedangkan untuk komersial naik hingga 20 persen.

"Untuk rumah tangga, kenaikan konsumsi karena banyak aktivitas memasak panganan kecil untuk berbuka dan termasuk sahur," katanya.

Untuk gas komersial, kenaikan dipicu operasional industri yang cenderung meningkat atau lembur untuk menyiapkan stok produksi Lebaran. "Permintaan atau konsumsi gas baru akan turun di Idul Fitri dengan asumsi hingga 10 persen untuk pelanggan komersial," katanya.

Penurunan karena sebagian besar pabrik tidak beroperasi atau libur hingga sekitar satu pekan. "Konsumsi gas rumah tangga juga menurun karena aktivitas memasak tren menurun. Yang pasti kenaikan konsumsi di Ramadhan dijamin bisa dipenuhi," katanya.

Saeful mengakui, PGN Medan tidak membentuk satuan petugas khusus untuk di Ramadhan. Alasan dia, karena PGN sudah memiliki Tim Penanggulangan Gangguan (TPG) dan call center yang aktif setiap hari.

"TPG yang bertugas dan langsung terjun ke lapangan saat ada laporan," kstanya.

Sistem kerja PGN yang sudah online. Sehingga, semua laporan akan langsung masuk ke sistem. 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA