Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Dodi Reza Diundang Jadi Pembicara Energi Terbarukan di AS

Senin 18 Feb 2019 19:54 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex bertemu Konsulat Jendral (Konjen) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat berkedudukan di Houston Nana Yuliana, Senin (18/2). Bupati Muba didampingi Wakil Ketua Kadin Pusat bidang energi Halim Kalla.

Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex bertemu Konsulat Jendral (Konjen) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat berkedudukan di Houston Nana Yuliana, Senin (18/2). Bupati Muba didampingi Wakil Ketua Kadin Pusat bidang energi Halim Kalla.

Foto: Humas Pemkab Muba
Houston soroti bio fuel hasil kerja sama Pemkab Muba dengan ITB dan BPDP-KS.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex, Senin (18/2) mengadakan pertemuan dengan Konsulat Jendral (Konjen) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) berkedudukan di Houston, Nana Yuliana. Dalam pertemuan tersebut Konjen Nana Yuliana mengundang Bupati Dodi Reza Alex menjadi pembicara Forum Indonesia - USA di Houston Amerika Serikat yang akan membahas tentang renewable energy (energi terbarukan) yang berlangsung Mei 2019.

Pada pertemuan tersebut Dodi Reza Alex yang juga Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Sumatera Selatan (Sumsel) didampingi Wakil Ketua Kadin Pusat bidang energi Halim Kalla staf pengajar teknik kimia Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) Martha Aznury, Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten Muba Herryandi Sinulingga dan Pelaksana Tugas (Plt) Kabag Protokol Rangga Perdana Putra.

Menurut Herryandi Sinulingga, Konjen Indonesia Nana Yuliana tertarik dengan inovasi Pemerintah Kabupaten Muba dalam pengelolaan inti kelapa sawit menjadi energi terbarukan yakni biofuel. “Program inovasi ini menjadi merupakan gagasan Bupati Dodi Reza Alex yang akan dilakukan bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung. Kini program tersebut telah menjadi sorotan nasional dan internasional,” katanya.

Konjen RI di Amerika Serikat Nana Yuliana yang didampingi staf Konsulat Jenderal RI untuk Houston bidang informasi, sosial dan budaya Romanna Sirait mengatakan, Bupati Muba Dodi Reza satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang untuk menjadi pembicara pada rangkaian kegiatan renewable energy Indonesia - USA di Houston.”

Konjen RI di AS yang berkedudukan di negara bagian Texas tersebut memuji inovasi Bupati Muba terhadap produk kelapa sawit. “Inovasi energi terbarukan pengelolaan inti kelapa sawit milik petani rakyat di Musi Banyuasin menjadi bio fuel merupakan terobosan inovasi energi yang sangat luar biasa. Ini bentuk perhatian serius Bupati Muba Dodi Reza untuk meningkatkan kesejahteraan petani sawit rakyat dan khususnya upaya mendongkrak harga kelapa sawit di kalangan petani,” ujarnya.

Nana Yuliana juga menjelaskan, kehadiran Bupati Muba Dodi Reza Alex menjadi pembicara di Forum renewable energy Indonesia - USA di Houston Amerika Serikat akan menjadi peluang investasi dan menarik investor di Amerika Serikat yang sangat tertarik dengan inovasi energi terbarukan di Musi Banyuasin. 

“Ini peluang besar, kami Konsulat Jenderal RI di Houston Amerika Serikat merasa sudah sangat pas mengundang Bupati Muba membahas topik energi terbarukan di kancah internasional, sekaligus membuka peluang investasi baru di dunia yang memberikan kontribusi besar dan positif untuk Indonesia,” katanya.

Menjawab tawaran tersebut Bupati Muba Dodi Reza Alex mengatakan,  siap hadir untuk menjadi pembicara energi bio fuel sekaligus untuk penjajakan kerjasama untuk menggaet investor dari Amerika Serikat dalam pengembangan energi terbarukan. 

Konjen Nana Yuliana juga mengajak Kabupaten Musi Banyuasin untuk menjajaki kerjasama program sister city (kota kembar) dengan salah satu kota di Amerika Serikat yaitu Kota Oklahoma untuk pengembangan program pariwisata yang ada di Muba. “Antara Kabupaten Muba dan perkotaan di Oklahoma ini banyak kesamaan,” ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA