Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Dongkrak Ekspor, Indonesia Kini Pasok 10 % Kebutuhan Sayur Singapura

Ahad 27 Feb 2011 21:08 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Petani sayur memanen sawi di perkebunan khusus untuk komoditi ekspor di Makasar

Petani sayur memanen sawi di perkebunan khusus untuk komoditi ekspor di Makasar

Foto: ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, mengatakan, Indonesia telah meningkatkan ekspor ribuan ton kebutuhan sayur di Singapura selama 2010.  "Pada 2010 kemarin, kita sudah mencapai pasokan 10 persen kebutuhan Singapura atas sayur mayur," kata Hatta setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungan kerja di Provinsi Kepulauan Riau, Ahad (27/2).

Hatta menegaskan, pemerintah sepakat untuk menjadikan Kepulauan Riau sebagai pusat pertanian, khususnya sayur yang akan diekspor ke Singapura. Pemerintah berharap keberadaan Kepulauan Riau sebagai sentra pertanian bisa mendongkrak ekspor sayur Indonesia ke Singapura.

"Sampai 2014, kita sudah harus meningkatkan di atas 40 persen," katanya. Hatta mengatakan, presiden menugaskan sejumlah peneliti dari Institut Pertanian Bogor untuk meneliti jenis produk pertanian yang cocok dikembangkan di Kepulauan Riau untuk kemudian diekspor ke Singapura.

Presiden juga meminta pejabat setempat untuk membuat rencana pembukaan lahan pertanian khusus untuk produk pertanian unggulan. Kepala Negara juga mengingatkan agar semua pihak mengutamakan pembangunan wilayah dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA